PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU

Dewi Kurniati, Hasnah Faizah, Gimin Gimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) kompetensi manajerial terhadap profesionalisme kepala sekolah, (2) kompetensi sosial terhadap profesionalisme kepala sekolah, (3) kompetensi manajerial dan kompetensi sosial secara bersama-sama terhadap profesionalisme kepala sekolah. Responden penelitian adalah kepala sekolah SD Negeri se-Kota Pekanbaru yang berjumlah 176 orang dengan sampel 122. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi manajerial terhadap profesionalisme kepala sekolah sebesar 0.643, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial terhadap profesionalisme kepala sekolah sebesar 0.597. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi sosial terhadap profesionalisme kepala sekolah sebesar 0.755.


Keywords


kompetensi manajerial, kompetensi sosial, profesionalisme kepala sekolah

References


Ali, M. (2013). Pendidik Profesional: Konsep, Strategi Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidik Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pres.

Anci, M., & Rapi, A. (2014). Menuju Kepala Sekolah yang Profesional,

Jurnal Ekspose, 23(2), 35-45.

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Jamil, S. T. (2011). Guru Profesional (Pedoman Kerja, Kualifikasi, & Kopetensi Guru). Jakarta : Bumi Aksara.

Karwati, E., dan Priansa. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung : Alfabeta

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Mulyasa, E (2015). Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur, A. (2016). Manajemen Pendidik & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Suprihatinigrum, J. (2013). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutikno, S. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan (Tips praktis untuk menjadi

pemimpin yang diidolakan) Lombok; Holistica.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id