PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMKS KRIAN 2 SIDOARJO

Lussy Heavyndah, Durinda Puspasari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis: 1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa; 2) pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar siswa; 3) pengaruh penggunaan smartphone dan penggunaan e-learning terhadap motvasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKS Krian 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas X OTKP SMKS Krian 2 Sidoarjo yang berjumlah 86 siswa. Sampel yang digunakan non-probability sampling dengan jenis sampel total, dimana jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yaitu 86 siswa kelas X OTKP SMKS Krian 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas; 2) uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa; 2) terdapat pengaruh signifikan penggunaan  e-learning terhadap motivasi belajar siswa; 3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan  smartphone dan penggunaan  e-learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKS Krian 2 Sidoarjo.


Keywords


motivasi belajar , penggunaan e-learning , penggunaan smartphone

References


Adjei, N. D. (2019). The Use And Effect Of Smartphones In Students’ Learning Activities: Evidence From The University Of Ghana, Legon. Library Philosophy and Practice, 1–37. https://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=6260&context=libphilprac

Aini, Q., Dhaniarti, I., & Khoirunisa, A. (2019). Effects of iLearning Media on Student Learning Motivation. Jurnal ATM (APTISI Transactions on Management), 3(1), 1–12. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/904579

Alwie, & Sa’diyah, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN 1 Kota Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Humaniora, 4(2), 547–553. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/338

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289.

Anurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ardyansyah, S. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITN Malang. Jurnal Valtech, 2(2), 160–165. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1907

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Dalimunthe, D. A. (2020). The Effect of Using E-Learning Media On Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 12(02), 114–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpk/vol12-iss02/829

Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095

Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Tengah: Universitas Jenderal Soedirman.

Fitria, D., Saifudin, S., & Zaman, B. (2020). The Effect of E-Learning on Learning Motivation in Islamic Religious Education Subjects. HALAQA: Islamic Education Journal, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i2.984

Frafitasari, D. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D3 Kebidanan Semester 5 Di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. Jurnal IMJ: Indonesian Midwifery Journal, 2(1), 60–71. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/imj/article/view/3053

Hamidah, R., Permata, C. I. H., Surindra, B., & Irmayanti, E. (2020). Pengaruh Optimalis Pembelajaran Online Dan Partisipasi Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Online Mahasiswa Tingkat II Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri, hlm. 447–452. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/287

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-Learning on Students ’ Motivation. Procedia Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905

Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( The Impact of Electronic Media Base Edmodo on Student ’ Motivation Learning at Vocational High School ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459

Jayatri, F., Ayuningtyas, T., & Andriani, C. D. (2019). Penggunaan E-Learning sebagai Media Penunjang Mutu Pembelajaran di Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang. Procedings of the ICECRS, hlm. 265–272. Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2392

Khaeriyah, & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 140–149. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Kuswinarko, M., & Kusumah, I. H. (2017). Eksplorasi Motivasi Belajar Siswa SMK Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(1), 96–100. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/7447

Larasati, & Nikmah, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone dan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Dalam Masa Pelatihan Kerja ( The Effect of Smart phone Use and E-learning on Learning Motivation in On The Job Training ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 214–233. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Lin, M., Chen, H., & Liu, K. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Luo, Y., Kao, C., & Liao, C. (2019). Impact of Smartphone Usage on Physical Education Scores and Learning Motivation. International Journal of Learning and Teaching, 5(1), 50–53. https://doi.org/10.18178/ijlt.5.1.50-53

Mahmud, H., & Iqbal. (2019). Pembelajaran Berbasis Edmodo Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMKN 2 Palopo. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 49–60. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Maknuni, J. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi ( The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi. Indonesisan Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02(02), 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL

Mintarsih, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK. Prociding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. https://jurnal.ustjogja.ac.id

Moh, C. (2015). Students Acceptance of Using Smartphone in a Mobile Learning Context. Educational Research and Reviews, 10(14), 1937–1942. https://doi.org/10.5897/err2015.2229

Muskita, S. M. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dengan Media Handphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Baru Universitas Katolik Widya Mandala Madiun Tahun Akademis 2015 / 2016. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), hlm. 361–366. FKIP Universitas Katolik Widya Mandala, Madiun. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/index

Narpati, B., Handayani, M., & Bukhari, E. (2019). Aplikasi Belajar Berbasis Digital Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 87–93. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.478

Nurhasanah, S. (2017). Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis Apllikasi dengan MS Excel dan SPSS. Jakarta: Salemba Empat.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F

Pebriani, S. H. (2019). Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa DIII Keperawatan. Babul Ilmi_Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 10(2), 213–224. http://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/Kep/index

Puasanti, S., & Shanti, L. P. (2019). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Tunas Harapan Pati. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 1340–1347. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. http://repository.unissula.ac.id/15881/

Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning Dengan Google Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/3760

Riyanti, R., & Rusdi, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Smartphone Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP YAPIM MAROS. Jurnal Ilmiah Pena, 1(2), 21–28. http://ojs.stkippi.ac.id/index.php/jip/article/view/148

Sandybayev, A. (2020). The Impact of E- Learning Technologies on Student ’ s Motivation : Student Centered Interaction in Business Education. International Journal of Research in Tourism and Hospitality (IJRTH), 6(1), 16–24. http://www.academia.edu/download/62103772/220200214-29470-13bbc28.pdf

Santoso, I. H. (2019). Statistik II (Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi). Surabaya: UWKS PRESS.

Sari, I. F., & Sulisworo, D. (2019). E-Learning in English Language Learning for Increasing Students’s Motivation. Advances in Social Science, Education Adn Humanities Research, hlm. 660–664. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iccd-19/125919176

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Palangka Raya: Uwais Inspirasi Indonesia.

Smith, H. E., Blackburn, J. J., Stair, K. S., & Burnett, M. F. (2019). Determining the Effects of the Smartphone as a Learning Tool on the Motivation of School-Based Agricultural Education Students in Louisiana. Journal of Agricultural Education, 60(3), 141–154. https://doi.org/https://doi.org/10.5032/jae/2019/03141

Srinadi, N. L. P. (2015). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 9–10. STMIK STIKOM Bali. http://ejournal.stikom-bali.ac.id/index.php/knsi/article/view/556

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sujiwo, D. A. C., & A’yun, Q. (2020). Pengaruh Pemanfaatan E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO (Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia), 5(2), 53–59. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/3469

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Infromatika, 13(1), 1–5. http://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185

Thohuroh, & Puspasari, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Yu-Gi-Oh pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Sistem Kearsipan. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 16–29. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/article/view/619




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id