PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP EFEKTIFITAS MENGAJAR GURU PPKn DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA PEKANBARU
Abstract
ABSTRAK
Tujuan utama dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan pembelajaran E-learning terhadap Efektifitas Mengajar, pengaruh pelaksanaan pembelajaran E-learning terhadap minat belajar siswa dan untuk melihat pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Efektifitas mengajar guru dalam persepsi siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 siswa SMK Negeri Kota Pekanbaru. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengaruh pembelajaran E-Learning terhadap minat belajar siswa dengan nilai sumbangan sebesar 26.2% dengan pengaruh rendah karena masih terdapat 73.8% ditentukan oleh factor lain. 2) Pengaruh pembelajaran E-Learning terhadap efektifitas mengajar guru terdapat dengan nilai sumbangan 25.7% dengan pengaruh rendah karena masih terdapat 73.7% ditentukan oleh faktor lain. 3) pengaruh minat belajar siswa terhadap efektifitas mengajar guru dalam persepsi siswa dengan nilai sumbangan 24.5% ini dalam kategori rendah karena masih terdapat 74.3% ditentukan oleh factor lain. Sementara secara bersama pembelajaran E-Learning dan minat belajar siswa terhadap efektiftas mengajar siswa dengan menggunakan analisis jalur terdapat 33.3% ini dalam kategori rendah karena terdapat 66.7% masih dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemerhati dan stakeholter kebijakan di sekolah untuk giat melakukan pelatihan, workshop dan lainnya yang dapat meningkatkan pembelajaran E-Learning guna meningkatkan minat belajar dan efektifitas pengajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ardiansyah, H (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dan Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Skripsi FPEB UPI. Bandung:
Basuki, M. & Ulum, M. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo. STAIN Pro Press
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan Elearning dalam Pembelajaran. [Online]. Jurnal Pendidikan, 2 (8). Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/ [10 Maret 2016 pukul 11.26 WIB]
Elisabeth. B. & Hurlock. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga
Lanaris et al. (2015). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN Pembina Salakan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal: Jurnal Kreatif Online, 2 (3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2943/2023
Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons
Mudasir. (2011). Manajemen Kelas. Yogyakarta. Nusa Media
Muhibbin, S. (2013). Psikologi Pendidikan ,Dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Nugraheni, A. R. E., & Dina, D. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran E-Learning Terhadap Kemandirian Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Wawasan Dan Kajian Mipa. Edusains, 9(1).
Rohmah, L., (2016). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Setiawan, P. 2020. Pengertian E-learning Pengertian E-learning Menurut Para Ahli Karakteristik E-learning Manfaat E-learning.
Subakti. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: Jurnal UNMA. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2539
Syaiful, B. D. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wahyuni, L. (2015). Hubungan Keterkaitan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Segugus I Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. UNY
Wicaksono, G. (2017). Efektivitas Pembelajaran Non Tatap Muka Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal: Kewarganegaraan. 1 (2). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/viewFile/924/pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id