PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 066050 MEDAN DENAI

Rosa Maria S, Reflina Sinaga, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Artikel ini berfokus pada sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa. Jenis penelitian tersebut adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian melibatkan siswa kelas IV SD Negeri 066050 Medan Denai. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh disiplin dengan hasil belajarnya dikelas IV SD Negeri 066050 Medan Denai. Instrument penelitian digunakan untuk mengukur disiplin belajar adalah angket yang terdiri dari 40 butir. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan nilai matematika. Setelah dilakukan pengukuran terhadap disiplin belajar, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 120,3. Hal ini berarti disiplin belajar di SD Negeri 066050 Medan Denai berada pada tingkat tinggi. Untuk mengetahui tingkat pengaruh antara disiplin belajar dengan hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari pearson. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung sebanyak 0,609, yang berarti nilai korelasi kuat atau berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Diperoleh nilai thitung sebanyak 4,062 sedangkan ttabel sebanyak 2,042. Karena thitung ≥ ttabel (4,062 ≥ 2,042) maka Ha diterima da Ho ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajarnya.


Keywords


disiplin belajar, hasil belajar siswa, matematika

References


Amri, S. (2016). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 (M. Jauhar (Ed.)).

Ardiansyah, H. (2013). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Pekantoran Di Smk Nu 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. https://lib.unnes.ac.id/19237/

Arifin dan Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter.

Asmadi, B. B. B. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Mijen Semarang.

Aunurrahman. (2014). No Title belajar dan pembelajaran (Aunurrahman (Ed.); 9th ed.). Alfabeta.

Darinda, S. T. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. PGSD FIP UNIMED.

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar (PT RINEKA CIPTA (Ed.)).

Ginanjar. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Retno.

Hamalik, P. D. O. (2016). Proses Belajar Mengajar.

Hendriana dan Soemarmo. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika (N. F. Atif (Ed.)).

Khafid. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Belajar Ekonomi. Suroso.

Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.

Mailani, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.

Mailani, E., Simanihuruk, A., & Manurung, I. F. U. (2019). Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(4), 290–299.

Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14318

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Pulungan. (2018). Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Rusni. (2018). Pengaruh Kedisplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.

Rusni dan Agustan. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Simarmata. (2020). Pelajaran Matematika Kelas Va Sd Agia Sophia. 6(2), 407–412.

Sinaga, R.. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Probing. 6(2), 363–368.

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pena.

Sudjana. (2019). Metoda Statistika. Bandung: Pustaka.

Suyono., & Hariyanto, M. (2016). Belajar dan Mengajar. Bandung: Pena.

Sugiyono, P. D. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: CV Alfabeta.

Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.

Tegal, & Barat, K. (2020). Pengaruh disiplin dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sd se-gugus gajah mada kecamatan tegal barat kota tegal.

Tu’u. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa.

Wulan. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Swasta Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa. Noshiza.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id