PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Santa Nadia Br Purba, Reflina Sinaga, Juliana Juliana, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 060938 Medan Johor berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan boring sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri termasuk ke kategori baik sekali dengan rata-rata 82.96. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung >Ltabel  yaitu 0.178>0.05. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelas, nilai koefisien sebesar 0.621 artinya rhitung >rtabel yaitu 0.621> 0.361. Hasil pengujian uji-t dimana thitung >ttabel  yaitu 4.195 > 1.697 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran kooperatife tipe inkuiri

References


Anggraini, B. N. W., Syachruddin AR, S. A., & Ramdani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Gerak. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 32. https://doi.org/ 10.29303/jpm.v15i1.1056

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Artana, I., Dantes, P., & Lasmawan, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Di Gugus Vi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124489.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model pembelajaran Inovatif (1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Idrisah, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri. 4(20), 196–207.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Media Persada.

Istirani, & Pulungan, I. (2018). Ensiklopedi Pendidikan. Media Persada.

Istirani, & Pulungan, I. (2019). Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Media Persada.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajan. Yogya: Kata Pena.

Kurniawan, D. (2020). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Lubis, E. A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Perdana Publishing.

Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Citapustaka Media.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Aswaja Pressindo.

Risa, U., Marungkil, P., dan A. R. (n.d.). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. 3(2354-614X), 157–166.

Rumiyati, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training.

Rusman. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shohimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Bandung: Ar-Ruzz Media.

Sinaga, R., Mawati Zai, E., Anjelina, D., & Janson Silaban, P. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV. 6(2), 344–349.

Sinaga, R., Sitorus, & Janson Silaban, P. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir. XII(1), 162–169.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Yusuf, S., Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id