PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SD

Rosanti Nainggolan, Rumiris Lumban Gaol, Dyan Wulan Sari HS, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini membahas sebuah penelitian yang menggunakan pendekatan eksperimen. Penelitian tersebut dilaksanakan di SD Negeri 091363 Huta Tinggir  Kec. Purba Kab. Simalungun. Populasi penelitian melibatkan 30 siswa kelas IV SD Negeri 091363 Huta Tinggir Kec. Purba Kab. Simalungun tahun pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata rata siswa kelas IV pretest yang hanya mencapai 64,1. Sedangkan, rata rata nilai siswa kelas IV pada posttest yaitu 77,6. 26 siswa dengan nilai yang tuntas, sementara nilai yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa. Angket model Circuit Learning berada dalam kategori rendah 43,3% atau memiliki rata-rata 84,4. Kolerasi product moment menunjukkan bahwa diperoleh rtabel = 1,697. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rhitung  rtabel. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang kuat antara model Circuit Learning dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091363 Huta Tinggir sebesar 95%. Dan sebanyak 5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian tersebut.


Keywords


model pembelajaran circuit learning, hasil belajar siswa

References


Djamarah. (2016). No Title Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, H., Purnamasari, V., & Royana, I. F. (2019). Pengaruh Model Circuit Learning (CL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 3(3), 358. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19931

Dyan, W. S. Hs, & Agus, K. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1160

Huda. (2013). No Title Model-Model Pengajaran dan pembelajaran (ke 1; miftahul huda M.Pd, ed.). Malang: Pustaka Pelajar.

Huriah, R. (2019). berpikir sosial dan keterampilan sosial. Bandung: CV Alfabeta.

Istarani. (2018). No Title Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Pesada.

Istirani. (2014). No Title 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Katolik, U., & Thomas, S. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd HKBP Hasil dan Pembahasan. 6(2), 278–

Ngalimun. (2017). No Title Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Persada.

Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR.Ruzz Media.

Sinaga, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di kelas IV. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 344–349.

Slameto. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

sudjana. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Pembelajaran Kuantitatif Dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmansa, E. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. (September), 9–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id