ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPIMPINAN KEPALA SEKOLAH SDN 28 SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG

Razef Zulkarnain, Nurhizrah Gistituati, Rusdinal Rusdinal

Abstract


Gaya kepemimpinan dipandang sebagai kombinasi dari berbagai karakteristik, sifat dan perilaku yang digunakan oleh pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahannya. Artikel ini berfokus pada analisis pada tingkat persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian dilakukan pada tahun 2021 di Sekolah Dasar Negeri 28 Sungai Lansek. Penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini merupakan penilitian dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri 28 Sungai Lansak di Kabupaten Sijunjung didasarkan pada empat dimensi dalam Teori Kepemimpinan Transformasional, yaitu pengaruh gagasan, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional dan penilaian individu. Hasil yang ditunjukkan dalam analisis data dari penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang sangat baik sebagai pemimpin sekolah. Hal ini dibuktikana dengan persepsi guru terhadap empat dimensi kepemimpinan kepala sekolah tersebut berada pada kategori sangat baik.


Keywords


kepala sekolah, gaya kepemimpinan, persepsi guru

References


Duttke, S. H. C., Lacadie, S. A., Ibrahim, M. M., Glass, C. K., Corcoran, D. L., Benner, C., Heinz, S., Kadonaga, J. T., & Ohler, U. (2015). Human promoters are intrinsically directional. Molecular Cell, 57(4), 674–684.

García-Rivera, B. R., Mendoza-Martinez, I. A. A., & Ramírez-Barón, M. C. (2013). The impact of transformational leadership in burnout of nurses and doctors in a public hospital of Mexico. American Journal of Health Sciences (AJHS), 4(1), 1–12.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Natemeyer, W. E. (1979). Situational leadership, perception, and the impact of power. Group & Organization Studies, 4(4), 418–428.

Mitonga-Monga, J., Coetzee, M., & Cilliers, F. V. N. (2012). Perceived leadership style and employee participation in a manufacturing company in the democratic republic of Congo. African Journal of Business Management, 6(15), 5389–5398.

Pashiardis, P., & Johansson, O. (2016). Successful school leadership: International perspectives. Bloomsbury Publishing.

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 208–217.

Tannenbaum, R., & Schmidt, W. H. (2009). How to choose a leadership pattern. Harvard Business Review Press.

Tannenbaum, R., & Schmidt, W. H. (2017). How to choose a leadership pattern. Routledge.

Wartiningsih, M., Soesanto, D., Supriyanto, S., & Widati, S. (2018). Analysis of The Influence of Hersey Blanchard Leadership and Nurse Maturity on Caring Behaviour Performance Based on Patient Satisfaction.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id