PENGARUH MODEL ROLE-PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD

Ester Hutagalung, Novalina Sembiring, Antonius Remigius Abi, Patri Janson Silaban

Abstract


Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang masih rendah merupakan masalah yang dipaparkan dalam artikel ini. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Role Playing  terhadap hasil belajar siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia dan Lingkungan kelas V SD Negeri 060937 Kecamatan Medan Johor tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan melibatkan sebanyak 50 siswa yaitu 26 siswa kelas VA dan 24 siswa kelas VB, pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling porpusive (sampel bertujuan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Coefficients). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengarah pada terjadimya peningkatan sebanyak 25% dari pretest ke post test melalui nilai rata-rata, sehingga menyatakan bahwa hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam membahas Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia Dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021.


Keywords


hasil belajar, model role playing

References


Abi, A. R., Giawa, M., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 067245 MEDAN Pendahuluan. Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327–332.

Akbar, S., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (KE 2). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Anisaunnafi’ah, R. (2015). Pengaruh model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD NEGERI 05 INDRALAYA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (ke-14). PT RINEKA CIPTA.

Ariwitari Ni Md Rai, D. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Gugug 1 Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. (2013). Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Casminto, Anggitaningrum, I., Purwatiningrum, L., & Miarso, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Role Playing Terhadap Pemahaman Siswa Kelas 5 Dan 6 Pada Edukasi Pengetahuan Dasar Covid-19. 4(3), 57–71.

Dr.H.Abd.Kadir, & Dr.Hj.Hanun Asrohah, M. A. (2014). Pembelajar Tematik (ke-1). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Drs. Makmun Khairani. (2017). Psikologi Belajar (ke-4). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Ernani, A. S. (2016). Pengaruh Model Role Playing terhadapa Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2, 31–32.

Gissella, M. V. E. (2016). Pengaruh Model Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SD. 입법학연구, 제13집 1호(2), 31–48.

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif (KE-3). MEDIA PERSADA.

Istarani, & Pulungan. (2015). Ensiklopedi Pendidikan (ke-2). PT RINEKA CIPTA.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (ke-12). Alfabeta.

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–11.

S.Pd, I. K., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (ke-4). KATA PENA.

Sari, E. Y., Suastiaji, I. B., & Permata, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS. 2, 23–36.

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Silaban, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Vi Sd Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. jurnal ilmiah AQUINAS, II(1), 107–126.

Slameto, D. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (ke-6). PT RINEKA CIPTA.

Sudjana. (2016). Metode Statistika (ke-1). Tarsito.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Syah, M. (2018). Psikologi Belajar (KE-18). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id