KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA ORANGTUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MEMBIASAKAN BERIBADAH DI SLB NEGERI BREBES

Almardliyatul Wardatun Nisa Almunawaroh, M. Nurul Yamin, Muhammad Samsudin

Abstract


Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi, baik komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai komunikasi efektif antara manusia satu dengan manusia yang lain. Komunikasi efektif adalah komunikasi yang antar individunya memahami satu tujuan bersama. Komunikasi yang baik antara orangtua dengan anak akan menimbulkan dampak yang baik pula pada keluarga hanya saja tidak semua keluarga mampu berkomunikasi dengan baik diantara anggota keluarga. Terlebih keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Penerimaan ini akan berdampak pada komunikasi efektif yang berlangsung antara orangtua dengan anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Brebes. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Karakteristik subyek dalam penelitian ini sebanyak empat orang dengan empat orangtua memiliki anak gangguan khusus tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara sebagai metode utama dan metode observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke empat keluarga sudah melakanakan komunikasi efektif antara orangtua dengan anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam membiasakan beribadah.  Selain itu, faktor pendukung dari komunikasi efektif dalam mebiasakan beribadah menggunakan media audio visual. Sedangkan faktor penghambat dari komunikasi efektif antara orangtua dengan anak tunagrahita pola pikir yang lambat, emosi yang tidak stabil pada anak karena memiliki berkebutuhan khusus tunagrahita.


Keywords


komunikasi efektif, anak berkebutuhan khusus tunagrahita, ibadah

References


Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Ismail, N. (2015). Metodelogi Penelitian Untuk Studi Islam: Paduan Praktis Dan Diskusi Isu. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jati, R. A. M. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pt Pustaka Baru Pers.

Pratiwi, A., & Syifa, N. (2021). Pola Komunikasi Terapis Dalam Terapi Perilaku Anak Penyandang Autis Di Lembaga U & Me Care Palembang. Diss. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Apriandani, F. M. (2019). Penerapan Strategi Video Learning Dalam Pembelajaran Pai Bagi Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Rindang Kasih Secang Magelang. Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id