PENGARUH PENGGUNA HANDPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ayu Sinaga, Rumiris Lumban Gaol, Dyan Wulan Sari HS, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini berfokus pada pembahasan tentang efek dari penggunaan HP terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode deskriptik analitik dengan tujuan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Populasi melibatkan 25 orang dari seluruh siswa kelas V B semester II (Genap) di SD Negeri 096136 Sukarakyat II Kecamatan Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 orang. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian dilakukan melalui Pre-Test dengan hasil rata-rata 124,24. Dapat dikatakan kemampuan awalnya cukup. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya. Hasil Post Test  yang sudah diujikan sebesar 120,08 dapat dikatakan tingkat keberhasilan keterampilan berpikir kritisnya meningkat. Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh pengguna handphone (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) dengan hasil thitung > ttabel dengan hasil 0,412 > 0,389. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu fhitung > ftabel hasilnya 4.542 > 4,24 dengan taraf signifikan (α = 0,05). Hasil skor tersebut berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 096136 Sukarakyat II Kecamatan Pematang Bandar.


Keywords


pengguna handphone, motivasi belajar siswa

References


Abi, R. S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan. Abi Remigius.

Affandi. (2019). Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencengahan.

Azis. (2019). Pngaruh Game online dan tindakan pencegahan.

Djamali, M. F., & Latifah, U. (2008). Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Perkembangan Moral Siswa Kelas Viii Di Mts Negeri Kalibaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Journal of Documentation, 53(9), 287.

Fauziah. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja (Shilphy (Ed.)).

Fitria, R., & Aditia, R. (2020). Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(1), 1–8.

Frandsen. (2015). Motivasi Pembelajaran (Kompri (Ed.)).

Frederick. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja (shilphy (Ed.)).

Faizin, A. (2018). Muridku Adalah Guruku. Jakarta: PT Gramedia.

Gaol, L. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Berang Bekas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.

Gaol, L., Sitepu. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Berang Bekas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Isti, W. (2020). Pelajaran Matematika Kelas Va Sd Agia Sophia. 6(2), 407–412.

Istirani. (2018). Ensiklopedi Pendidikan (Anwar Sembiring (Ed.)).

Jasmani, S.-P., Rekreasi, K., & Olahraga, F. I. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mengikuti Pembelajaran Pjok Selama Covid-19. E-Journal “Acta Diurna, 5(1), 1-18.

Kogoya, D. (2015). Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat (Studi pada masyarakat Desa Piungun, kecamatan gamelia, Kabupaten Lanny Jaya Papua). E-Journal “Acta Diurna,” 4(4), 1–6. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/8622

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran (Adriyani Kamsyach (Ed.)).

Malatuny, Y. G., & Rahmat. (2017). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 1.

Mardianto. (2015). Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Jaya Raya.

Maslow. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Jakarta: PT Gramedia.

Nasrudin. (2016). Pengaruh Media Handphone. Nasrudin.

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 115–122.

Santrock. (2015). Motivasi Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia.

Sardiman. (2017). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia.

Sasmito, M. (2015). The Usage of Social Media “Facebook” For Indonesian Learning Instrument. Jurnal Media APLIKOM, 4(4), 38–52.

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). Buku Kualitatif dan Kuantitatif ok.

Simarmata. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 22 Sinjai.

Sugiyono, P. D. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan (P. D. Sugiyono (Ed.)). Alfabeta, cv.

Sunarsi, R., & Dirgahayu, D. (2015). The use of handphone in rural society in sukataris vilage Cianjur region. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(1), 57–67.

Win. (2019). Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan.

Wulan, S. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id