KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 3 UNDAAN LOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Naily Mufida, Irfai Fathurohman, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Artikel ini melaporkan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada materi KPK dan FPB dalam pembelajaran daring kelas IV SDN 3 Undaan Lor Kudus. Penelitian pada artikel ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi. Subjek penelitian melibatkan 5 siswa kelas IV SDN 3 Undaan Lor yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik tes hasil kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian dan teknik non tes (observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kritis pada materi KPK dan FPB menunjukkan rentang nilai rata-rata 68 dengan kriteria kemampuan berpikir kritis sedang. (2) Dimasa pandemi COVID-19 kegiatan belajar mengajar melalui tatap muka beralih ke pembelajaran daring sehingga siswa sulit untuk memahami materi atau tugas dan mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa menurun. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran matematika khususnya pada materi KPK dan FPB. Materi KPK dan FPB harus dijelaskan secara langsung karena banyak siswa yang masih kebingungan cara menentukan KPK dan FPB serta banyak siswa yang mengerjakan tugas tanpa memperhatikan proses penyelesaian dengan benar.


Keywords


kemampuan berpikir kritis, kpk dan fpb, pembelajaran daring

References


Ahmad, M. N. F. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Mobile Instant Messaging dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Saat Isolasi Pandemi Covid-19

Aslamiah, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Model Group Inverstigation Berbantuan Media Magic Box Pada Siswa Kelas IV MI Suruh 01 Plus Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Badjebe, R., dan Jayanti, P. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Jurnal Pendidikan, 1(1), 37-45.

Crismasanti, Y. D., dan Tri, N. H. Y. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open-Minded ada Materi Pecahan. Jurnal Matematika, 3(3), 76-100.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(1), 56-58

Fatmawati, I. D. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Genang.

Hidayatullah, D. W. (2012). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi KPK Dan FPB Melalui Model Students Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Kartu Bilangan Berindeks Di SD Negeri 04 Asemdoyong Pemalang.

Lutfia, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dengan Menggunakan Strategi Teaching Pada Siswa Kelas IV MI Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Munira, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Mustofa, M. I., dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi Terhadap Website Pditt.Belajar.Kemdikbud.Go.Id). Journal of Information Technology. 1(1), 111-20.

Jira, D. O., Dwi, C., dan Susi, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. 2(2), 243.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. 7 (2), 298.

Sabrini. (2012). Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan KPK Dan FPB Melalui Metode Repasted Division Pada Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Ummahat Simo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing, 5(1), 32-45.

Suandito, B. (2017). Bukti Informan Dalam Pembelajaran Matematika. 8(1), 13-25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utari, S., Wahyu, H., Rafiq, Z., Hamidah., dan Ratna, S. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis Dan Kreatif Matematik.(Eksperimen Terhadap Siswa Sma Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Strategi Think-Talk-Write). 17(1), 18.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 20(2), 197.

Zetriuslita, R., & Ariawan, H. N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. 5(1), 57.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id