PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD

Srinanci Pardosi, Patri Janson Silaban, Regina Sipayung

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh penggunaan metode problem solving pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian tersebut menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi penelitian tersebut melibatkan 27 siswa dalam satu kelas dari keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81.18. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil pengujian kolerasi dapat dilihat pada nilai koefisien kolerasi sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,839 > 0,381 maka Ha diterima. Maka terdapat pengearuh sangat kuat antara metode problem solving terhadap hasil belajar siswa dengan materi pembulatan hasil pengukuran kesatuan, puluhan atau ratusan terdekat di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Kecamatan Sunggal. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 7,21 ≥ 1,708 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan metode problem solving pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021.


Keywords


metode problem-solving, hasil belajar siswa

References


Arikunto. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, M. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gurning dan Lubis. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hera, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Kelas X Sman 1. Genta Mulia, 9(1), 147–156.

Istarani, & Pulungan, I. (2016). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Cv Iscom Medan.

Istirani & Pulungan. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Ngalimun. (2017). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pulungan, I. dan I. (2018). Ensiklopedi Pendidikan. Medan Sumatera Utara: Larispa.

Purwanto. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2017). Interaksi Dan metivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silaban, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Vi Sd Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah AQUINAS, II(1), 107–126.

Silaban, P. J. (2015). Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Alat Peraga Pada Matapelajaran Matematika Di Kelas VI SD Methodist-12 Medan T.A 2015 Patri. Juril AMIK MBP, 3(2), 63–76. Retrieved from https://ejournal.amikmbp.ac.id/index.php/jurilmbp/article/view/62/43

Simarmata, Ester Juliana, N. R. dan D. A. (2020). No Title. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SD Negeri 097375 Tiga Raja."Guru Kita 4 (4): 1-11, 1–11.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2018). Metode Statistia. Bandung: Pt Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2018). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Susanto. (2017). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Susanto. (2018). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurnal Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.

Udin, T., & Hikmah, N. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.458




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id