PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS III SD

Apri Sela Saragih, Anton Sitepu, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa tema perkembangan teknologi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model experiential termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 0,885. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikan 0,5% hasil belajar yaitu 0,200 > 0,05. Berdasarkan perhitungan dapat diketahui bahwa nilai signifikan dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai kooefisien sebesar 0,833 artinya rhitung > rtabel  0,361. Hasil pengujian uji-t dimana rhitung > rtabel yaitu 7,975 > 1,697 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh model pembelajaran Experiential terhadap hasil belajar siswa tema terkembangan teknologi di kelas III SDN 094097 Simpang Pongkalan Tongah kecamatan Dolok Masagal kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2020/2021.


Keywords


model pembelajaran experiential learning, hasil belajar siswa, perkembangan teknologi

References


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. PT RINEKA CIPTA.

Djamarah, S. (2019). Psikologi Belajar. RINEKA CIPTA.

Farida, M., & Widyaningtyas, D. (2014). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kepercayaan Diri dan Kerjasama Tim Remaja. Psikoligi Indonesia, 3, 237–246.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif (Hidayah, N). AR-RUZZ MEDIA.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan (8th ed.). Jakarta: PT bumi aksara.

Khairani, M. (n.d.). Psikologi Belajar. ASWAJA PRESSINDO.

Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa (A. Kamsyach (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. ALFABETA.

Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). ALFABETA.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Maisyaroh, U., Sabri, T., & Kartono. (2016). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SD NEGERI 06 PONTIANAK KOTA. 5–8.

Manullang, M., & Silaban, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD negeri 060914 Kec.Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 129.

Mudjiono, & Dimyati. (2015). Belajar & Pembelajaran. PT RINEKA CIPTA.

Oemar, H. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumio Aksara.

Priansa, D. (2015). Manajemen Peserta Dan Didik Model Pembelajaran. ALFABETA.

Pulungan, I., & Istarani. (2018). Ensiklopedia Pendidikan (M. Ridwan & A. Sembiring (eds.); Kedua). MEDIA PERSADA.

Anurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran (9th ed.). Bandung: Alfabeta.

Manulang, & Pakpahan. (2014). Metodologi Penelitian (1st ed.). Bandung: Cita pustaka Media.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (Santosa & Budi (eds.)). Pustaka Belajar.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran (Kedua). PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Rusman. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.

Istirani, & Pulungan. (2018). Ensiklopedia Pendidikan (2nd ed.; Anwar sembiring, ed.). Medan.

Kurniawan. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Yulianti, & Yuniasih. (2019). Telaah Kurikulum (1st ed.; N. Yuniasih, ed.). Malang: CV Media sutra atiga




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id