PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAGI ANAK DISLEKSIA DENGAN INTERVENSI GAYA BELAJAR BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SEKOLAH DASAR

Uswatun Khasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar bagi anak gangguan keterlambatan membaca dengan intervensi gaya belajar berbantuan media audio visual pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganatauResearch and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dyslexia SDN Brambang Karangawen Demak dengan jumlah 3 siswa kelas III. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa jenis buku ajar yang dibutuhkan ialah buku ajar teks berbantuan audio visual yang dilengkapi dengan link dan barcode video yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Setiap bab terdapat tiga link video yaitu video untuk anak disleksia dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Materi buku ajar terdiri dari kegiatan membaca, menulis, menggambar, petunjuk arah, dan cerita.Alasan menggunakan buku teks ialah anak belum memiliki sumber belajar atau buku untuk latihan membaca dan menulis sebagai buku pegangan mereka.Buku teks berbantuan audio visual diharapkan lebih menarik bagi anak disleksia sehingga anak memiliki semangat untuk belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa menghendaki bahwa pengembangan buku ajar bagi anak disleksia dengan intervensi gaya belajar berbantuan media audio visual dibutuhkan untuk membantu kesulitan membaca khususnya bagi anak disleksia.


Keywords


buku ajar, disleksia, gaya belajar, media audio visual

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asnawir, U. & Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran, Ciputat Pers. Jakarta Selatan.

DePorter, B., dan Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Febi, D. W. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. ERUDIO, 2(1), 20-45.

James, L. F. (2012). Deteksi Dini Masalah-masalah http://purwasetyawan.blogspot.co.id/2012/11/kenali-disleksia-sejak-dini.html. diakses pada 11 Feb 2017. 15.50. 2012-1-00569-ps bab 2.pdf. diakses pada 12 Oktober 2020

Leoziana. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Jurnal UIN Ar- Raniry, 3 (2), 1-20.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Cetakan ke -5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id