PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA TEMA 9 UNTUK SISWA KELAS IV SD

Novelia Pertiwi, Yanti Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada tema 9 untuk siswa kelas IV SD dengan konteks Pop-Up Book yang valid dan praktis. Penggunaan media Pop-Up Book dilakukan karena dilapangan guru belum mengembangkan media pembelajaran ini. Media pembelajaran yang digunakan hanya buku pegangan guru dan buku penunjang untuk siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistic. Nilai rata-rata hasil uji validitas adalah 89.5% dengan kategori sangat valid. Dan hasil uji kepraktisan guru kelas IV SDN 02 Koto Tangah Batu Hampa yaitu 91.42% kategori sangat valid, dan angket kepraktisan respon siswa yaitu 95.71% kategori sangat valid. Sementara itu berdasarkan respon guru Kelas IV SDN 04 Koto Tangah Batu Hampa di peroleh persentase 94.28%, dan angket respon kepraktisan siswa 92.42% kategori sangat valid. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book yang belum ada dalam pembelajaran.


Keywords


media pembelajaran, pop-up book, ADDIE

References


Angko, N., & Mustaji, F. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika kelas V SD Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1), 20-35.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bluemal, dan Taylor. (2012). Pop-Up Book A Guide For Teacher and Librarians. California: ABC-CLJO,LLC.

Depdiknas Ditjen Manajemen Dikdakmes Ditjen Pembinaan TK dan SD, 2007: 13-14.

Fitria, Y. (2016). Penguatan Pengajaran Guru Sains Level Dasar dengan Strategi Pendidikan Karakter Berbasil Literasi Sains, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONAPSI) VII tahun 2016.

Fitria, Y., Amini., Aissy., dan Hasanah, F. N. (2017). Pengembangan Model Integrasi Science dan Math Berbasis Masalah untuk Pendidikan Dasar. Laporan Akhir Tim Pascasarjana UNP.

Fitria, Y., Farida., Dewi, Sastra., dan Syarif, M. I. (2018). Study of School Assigment Program As A Efforts to Integrated Theme Learning Quality in The Second Class Primary School. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke SEkolah (PSD). 20 November 2018.

Fitria, Y., dan Helsa, Y. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Science ter-Integrasi Mathematics Berbasil PBL. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(1),1-11.

Gumaty, A., Yunidar., & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Handaruni, D., Anselmus, J.E.T., Yerry, S. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Pengembangan, 1(3), 22-223.

Isrok’atun. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Masturah, M, & Simamora. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Ganesha, 6(2), 50-65.

Nelly, W., & Yasinta, L. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purwanto, & Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purnamasari, D. A. (2011). Pengembangan Buku Bergambar Mata Pelajaran IPA Kelas III Semester II Materi Pokok Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia di SDN Kebonagung Pasuruan. Jurnal Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang.

Riduwan., & Sunarto. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alpabheta.

Sukmadinata., & Nana S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyosari., & Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Pranada Media Grub.

Tri, W.N. (2009). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 2, No. (2).

Widiastuti., Lina., Suryaman., Yoso, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sway Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknodik, 23(2), 163-174.

Widya, W., & Yanti, F. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Integrated dan Keterampilan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Basicedu. 3(1),180-186.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id