PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD

Bintang Kasih Lumban Gaol, Patri Janson Silaban, Anton Sitepu

Abstract


Artikel ini berisikan penjelasan dari sebuah jenis penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian tersebut melibatkan 30 siswa dari keseluruhan kelas V SD Negeri 11 Lubuk Cuik kecamatan Lima Puluh Tahun Pembelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, peneliti melakukan pre-test dengan nilai rata-rata 58,2 yang dapat dikatakan kurang. Hasil dari post-test tersebut memiliki peningkatan dari hasil pre-test yang diberikan sebelumnya. Hasil post-test yang sudah diujikan sebesar 84,1 yang dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat. Hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa adanya pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan hasil rhitung > rtabel dengan hasil 0,837 > 0,361. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dari perhitungan data yang dilakukan, hasil pengujian yaitu thitung > ttabel  hasilnya 8,095 > 1,701 dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 11 Lubuk Cuik dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis sangat efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis

References


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dian. (2010). Teori Keterampilan. Pengetahuan dan Keterampilan, 7–26.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, R. & Syatriandi, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Simbiosis III, (September): 329–341.

Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F. & Keguruan, D. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar Nurul. Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2: 34–49.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Manullang, M.T., Silaban, P.J. & Sitepu, A. (2021). Pengaruh Model Auditory , Intellectualy , Repetition. 6(2): 469–474.

Mudhakir, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir..., Slamet Mudhakir, FKIP UMP, 2013. (2011): 5–14.

Ngadirejo, K., Guna, D., Tugas, M., Kuliah, M., Proposal, S. & Setyaningsih, D. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Science Edutainment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.

Nuraini, F. & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4): 369–379.

Prameswari, S.W., Suharno, S. & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1): 742–750.

Pulungan, I. dan I. (2018). Ensiklopedi Pendidikan. Medan Sumatera Utara: Larispa.

Pusparini, S.T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, .

Reta, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1): 1–17.

Ria Mustika, Pramudiyanti, R.R.T.M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9): 1689–1699.

Rusman. (2019). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ri.A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silaban, P.J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1): 107–126.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukroni. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD N 1 Sajira pada Mata Pelajaran IPA Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2): 127.

Surip, M. (2014). Berpikir Kritis Analisis Kajian Filsafat Ilmu. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Susanto, A. (2018). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id