MINAT MEMBACA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UNIVERSITAS RIAU

Nana Rahayu, Sarah Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar minat membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universtias Riau terhadap bacaan berbahasa Jepang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Data minat membaca mahasiswa dikumpulkan melalui angket tertutup yang terdiri dari 30 item pernyataan dan diolah menggunakan bantuan IBM SPSS 25.0. Nilai terendah, tertinggi, rata-rata dan deviasi standar dihitung dengan statistik hipotetik untuk membantu pengaktegorian data yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa angkatan 2018 terhadap bacaan berbahasa Jepang masuk ke dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 76.7%. Bacaan yang banyak disukai oleh mahasiswa adalah bacaan ringan seperti cerita rakyat atau dongeng anak-anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semangat dan motivasi mahasiswa untuk membaca masih rendah sehingga mahasiswa belum memiliki perasaan dan sikap yang positif terhadap bacaan berbahasa Jepang.


Keywords


mahasiswa, minat membaca, dokkai

References


Hidi, S. ((2001). Interest, Reading, and Learning: Theoretical and Practical Consideration. Educational Psikology Review, 13(3), 191-208.

Israel, S. E, & Duffy, G. G. (2009). Handbook of Research on Reading Comprehension. New York: Routledge. Pdf

NHK World - Japan https://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/questions/0012.html

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogya: BPFE-Yogyakarta.

Macalister, J. (2011). Today's Teaching, Tomorrow's Text: Exploring The Teaching of Reading. ELT Journal, 65(2), 161-169.

Setyowati, R. T., Purnomo, & Sukardi. (2017). Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Joyful Learning Journal, 6 (2),78-83. http://journal.unnes.ac.id/sju/indext.php/jlj

Siswati. (2010). Minat Membaca pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semester 1). Jurnal Psikologi Undip, 8(2).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsana, U. (2004) Modul 1. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8539

Refbacks



Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id