UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Gabriel Sabatini, Saut Mahulae, Dewi Anzelina, Patri Janson Silaban

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran tematik tema Praja Muda Karana subtema 4 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 di kelas III SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Halini dapat dilihat pada hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu yaitu pada prasiklus dengan nilai rata-rata 50.93% pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 61.13% selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 83.3%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan.Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran tematik tema Praja Muda Karana subtema 4 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 di kelas III SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021 dikategorikan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 55% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 93% kategori sangat baik.


Keywords


hasil belajar, model discovery learning

References


Anzelina, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SD Swasta St.Antonius V Medan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3 (9), 20-35.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Tematik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asrohah, K. d. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Gratindo Parsada.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Farida, Y. O. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Di Kelas 4. Inovasi Pembelajaran SD, 8(7), 30-45.

Gina Rosarina, A. S. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 45-55.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Haris, A. J. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga : Teoritis dan Praktis. Malang: PT. Remaja Rosdakarya.

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: DIVA Press.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Krsitanti, D. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 2 Stabat Kabupaten Langkat Melalui Pembelajaran Discovery Learning . Jurnal Bina Gogik, 2(1), 50-65.

Lestari, E. T. (2020). Model Pembelajaran Discovery Laerning di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Mahulae, S. (2019). Implementasi Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution Dalam Penentuan Pemilihan Guru Terbaik. Jurnal Informatika Kaputama, 3(1), 65-80.

Mudjiono, D. d. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Pulungan, I. d. (2017). Ensiklopedia Pendidikan. Bandar Selamat Medan: Media Persada.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riski Setiani, H. D. (2019). Upata Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 6 Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cebongan 02 Salatiga. Jurnal Tematik, 9(1), 95-120.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mahasiswa Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(4), 85-100.

Setyawati, E. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik. Ilmiah Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 85-100.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenaDamedia Group.

Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardani, S. S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Discovery Learning Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 9(2), 200-220.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 95-120.

Yuniasih, Y. d. (2019). Buku Ajar Telaah Kurikulum dan Aplikasinya Dalam Proses Belajar Mengajar. Mulyoagung Dau Malang: Media Sutra Atiga.

Zainal, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id