PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PUZZLE PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

septi karuniawati

Abstract


penelitian ini berujuan untuk  menagnalisis pengaruh model pembelajran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon materi organ pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitaf dengan metode eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas V sekolah dasar segugus jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon. Sampel dalam penelitian siswa kelas V  SDN 4 Karangharjo sebagai kelas eksperimen dengan  model guided inquiry berbantuan puzzle picture dan siswa kelas V SDN Kecil Karangharjo sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. teknik pemgambilan sampel adalah purpose sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data  berupa uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis dengan  uji-t dan Normalized Gain (N-Gain).. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa. dengan hasil t hitung sebesar 6.154 , t tabel  sebesar  2,0277 maka t hitung > t tabel.

Kata Kunci : Guided inquiry, puzzle picture, hasil belajar IPA,

 


Keywords


Guided inquiry, puzzle picture, hasil belajar IPA,

References


Andry Handayani dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) Melalui Kerja Kelompok Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 9 Sesetan, Denpasar. Elementary School of Education, 2(1), halaman 1-10.

Afriani, D. T. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mikrobiologi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Anggraeni, H. A. (2015). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD N 2 URUTSEWU KEC. AMPEL KAB. BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Asri, K. Z., Witono, A. H., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Ekspektasi Guru dan Self-Efficacy Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di SD Gugus V Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1), 19-25.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Hastuti, W. (2017). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV SDN Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Kuhlthau & Todd. (2007). Guided Inquiry: A framework for learning through school librariesin 21st century schools. New Jersey: CISSL

Saraswati, Sylvia. 2014. Aneka Permainan Bayi dan Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Saraswati, Indah, dkk. 2016. Panduan Praktikum Kimia. Yogyakarta: Deepublish

Suciaty al – azizy, A. 2010. Ragam Latiahan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press

Ulva, V., Ibrohim, I., & Sutopo, S. (2017). Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 622-626.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id