PERAN GURU DALAM “PRESENTASI SISWA” SMP N 3 JOMBANG KELAS IX B

Resdianto Permata Raharjo, Haris Supratno, Yulianah Prihatin

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi anak bangsa, tanpa pendidikan seluruh masyarakat tidak memiliki kompetensi untuk memimpin ataupun mengajarkan sesuatu. Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran, dimana guru berperan sebagai pengajar dan pendidik menjadi siswa sebagai pembelajar. Proses pembelajaran tidak lepas dari komponen yang mendukungnya. Salah satu komponennya adalah evaluasi pembelajaran. Evaluasi diperoleh dengan sengaja untuk mendapatkan data yang diinginkan yang dapat dijadikan suatu keputusan. Kegiatan evaluasi dilakukan secara sistematis, dan struktural membutuhkan banyak data atau informasi dan jelas. Misalnya, jika guru ingin mengukur kemampuan siswa dalam menerima materi yang diberikan, guru sengaja memberikan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Selain itu, dengan memberikan pertanyaan, guru dapat mengevaluasi peserta didik pada proses pembelajaran melalui berbagai macam.pembelajaran dengan mengobservasi siswa merupakan cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga data yang diperoleh dari kegiatan tersebut akan digunakan agar guru dapat mengambil keputusan yang tepat. Perkembangan tersebut juga diiringi dengan perubahan kondisi siswa dari tahun ke tahun berubah. Evaluasi pembelajaran juga berkembang sebagai keadaan lapangan.


Keywords


evaluasi, pembelajaran, guru, dan siswa

References


Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iriadi, W. E. (2020). Improving Students’ Learning Motivation By Appling Group Guidance For Class Vii Students At Smp Negeri 2 Sentajo Raya. Jurnal Pajar, 4(3), 12-25.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Nuha Medika.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S. (2020). Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar, 4 (3), 50-65.

Purnomo, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Niversitas Kuningan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (6), 100-120.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, H., dkk. (2016). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis KTSP Kelas V. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 20-30.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Penelitian Kualitatif. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 5(9), 45-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id