PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF TEMA 1 SUBTEMA 3 PERTUMBUHAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 007 TEBING KARIMUN

Tisrin Maulina Dewi, Muhiri Muhiri, Julita Sugiarto Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan serta kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif untuk siswa kelas III SDN 007 Tebing Karimun. Jenis penelitian ini adalah penelitan  Research and Develoment (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan kuosioner serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi berdasarkan penilaian kelayakan memperoleh kriteria sangat layak (83%); (2) validasi dari ahli desain memperoleh kriteria sangat layak (100%); (3) Hasil respon guru kelas III terhadap media powerpoint interaktif mendapat kriteria sangat baik (83%); (4) Hasil respon uji coba siswa terhadap kelayakan media yang dilakukan yaitu uji coba lapangan awal dengan kriteria sangat baik (92%), uji coba lapangan kelompok kecil dengan kriteria sangat baik (84%) dan uji coba lapangan kelompok terbatas dengan kriteria sangat baik (86%). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif tema 1 subtema 3 pertumbuhan hewan untuk siswa kelas III SDN 007 Tebing layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.


Keywords


pengembangan media, powerpoint interaktif, pertumbuhan hewan

References


Ahmadi, L.K., dan Sofan, A. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Armanta, A. D. (2016). Pengembangan Media Bingo Perencanaan Karier dalam Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X MIA di SMAN 4 Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya. (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id). Diakses pada tanggal 22 Mei 2019.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran Cetakan ke-16. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, T.M. (2017). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Islam-Sains untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah/MA. Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (2), 274-278.

Dewi, T. M., Nurlaila dan Kurniawan, E. (2020). Pengembangan Media Berbasis Powerpoint Interaktif Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan untuk Siswa Kelas III SD Negeri 007 Tebing Karimun. Jurnal Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9 (4), 421-431.

Fitriana, D. (2014). Pengembangan Berbasis Animasi Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MI Raudlatul Ulum Ngijo Karangploso. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://etheses.uin-malang.ac.id). Diakses pada tanggal 23 Mei 2019.

Giyanti. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran POP-UP BOOK untuk Peserta Didik Tunarungu SMP-LB pada Materi Gerak dan Gaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (repository.radenintan.ac.id). Diakses pada tanggal 23 Mei 2019.

Kudsiyah, S. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Nasional Kelas VIIId SMPN1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(1), 1-15.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Puspita, A.M.I., Puspitaningsig, F., Diana, K.Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development Cetakan 3. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.

Trimayeti, P., Zaiyasni. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3), 2615-2623.

Warkintin danYohanes. (2019). Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(1), 82-92.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id