PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V

Stanislaus W Lumban Batu, Jontra Jusat Pangaribuan, Regina Lumban Gaol, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas v pada materi pengenalan pecahan. Penelitian dilakukan di SDN 106144 Sei Mencirim pada bulan Juni 2021. Subjek penelitian berjumlah 200 siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah sumber primer. Pengujian hipotesis digunakan uji ‘t’. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas v materi pengenalan pecahan termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 93.53. Selanjutnya pengujian hipotesis thitung adalah 5.685 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu thitung  yang diperoleh lebih besar dari ttable yaitu 5.685 ≥ 1.309. Maka, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V materi pengenalan pecahan di SDN 106144 Sei Mencirim kecamatan Sunggal tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian, keterampilan mengajar guru ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya untuk memotivasi siswa dalam belajar.


Keywords


keterampilan mengajar guru, motivasi belajar siswa, matematika

References


Amri, S. (2016). Pengembangan dan Model Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsana, K. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Sosial , Vol. 6. No. 2.

Asra, S. (2018). Metode Pembelajaran . Bandung: CV. Wacana Prima.

Darmadi, H. (2012). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Djamara, S. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektive. At-Tafkir , Vol. XI. NO. 1.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Istarani, & Pulungan. (2018). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Karwati, E., & Donni, J. P. (2014). Managemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran Perspektive Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lumban Gaol & sitepu. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbaris Berang Bekas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.Guru Kita, Vol. 4. No. 4.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nauli, F. (2015). Kompoetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada SMP NEGERI Dalam Kota Banda Aceh. Administrasi Pendidikan , Vol. 3. No. 1.

Prasetia, M. (2007). Keterampilan Mengajar Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi .

Prasetia, M. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi .

Purba, H. M. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SD N 030316 Sukandedi. Skripsi .

Ramayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Prestasi Atas Upaya Guru Dalam Motivasi Belajar Siswa Trhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnas SAP , 1(2).

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadirman. (2016). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Safitri, E., & Vep, T. (2016). Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Pendidikan Managemen Perkantoran , Vol.1. No. 1.

Silaban, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Negeri 060914 Kec. Medan Sunggal. Jurnal Ilmiah Aquinas , Vol.3 NO 1.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofan, A. (2016). Pengembanagan dan Model Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta Bandung.

Tabi'in, A. (2016). Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada MTSN Pekan Heran Indage Hulu. Al-tharikia , Vol.1. No.2.

Yunia, M. (2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD negeri Jatibarang Kidul 05 Kabupaten Brebes. Skripsi .




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id