PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Cicha Veronika Purba, Anton Sitepu, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh penelitian tentang pengaruh pembelajaran berbasis Web dengan Google Sites terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD RK. Budi Luhur Kecamatan Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian berupa pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan populasi sebanyak 56 siswa. Peneliti mengambil sampel 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran berbasis web dengan Google Sites termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 85,27. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,200. Jika 0,200 > 0,05, maka data kelas V berdistribusi normal. Pada pengujian kolerasi, koefisien korelasi sebesar 0,873 dengan signifikansi 0,05 artinya rhitung (0,873) > rtabel (0,329). Maka, ada korelasi positif antara pembelajaran berbasis web dengan Google Sites tehadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Hasil pengujian uji t dimana ???????????????????????? 10,426 ≥ ???????????????????????? 2,032 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh pembelajaran berbasis web dengan Google Sites terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


pembelajaran berbasis web, google sites, hasil belajar siswa, matematika

References


Arief, R. (2017). Aplikasi Presentasi Siswa Online Menggunakan Google Form, Sheet,Sites,Awesome Table. 137–144.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. PT.Rineka Cipta.

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran berbasi web dengan moodle versi 3.4. Deepublish.

Djamarah, B. S. (2018). Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta.

Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 1–12.

H.Mutadi. (2020). Panduan Membuat Website dengan Google site. Balai Diktat Keagamaan Semarang.

Harsanto, & Budi. (2012). Panduan e-learning Menggunakan Google Sites.

Jubidah, & Zulkarnain. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan SMP Negeri 1 Astambul. 15(2), 68–73.

Mubiar, & Agustin. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi pembelajaran. PT.Refika Aditama.

Mulyani. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Implus Dan Momentum. Universitas Islam Negeri.

Oemar, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. PT.Bumi Aksara.

Patri, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. 1, 107–126.

PHEOC. (2020). Kemenkes RI.

Purwanto. (2019). Evaluasi Hasisl Belajar. Pustaka Belajar.

Putri, J., Batanghari, U., & Ririn Noviyanti. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. 20(2), 705–709. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran. PT.RajaGrafindo Persada.

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sagala, & Syaiful. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Slameto. (2019). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. PT.Asdi Mahasatya.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.

Suryanto. (2018). Analisis perbandingan antara blogger dan google site.

Widya. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google SitesPada Materi Listrik Statis. 5(1), 51–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id