UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sri Wiyata

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi dari penelitian ini adalah  bagaimana upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII A dengan model Rroblem Based Learning (PBL) di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022.  Metode  dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTS  Muhammadiyah Trucuk Klaten. Adapun waktu penelitian ini direncanakan selama 6 bulan. Waktu penelitian dimulai dari  Maret  hingga Oktober 2021 Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 30 orang.  Adapun Langkah – langkah  dari penelitian tindakan : perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi pada masing – masing langkah menggunakan dua siklus. Hasil penelitian pada pra siklus dapat menunjukkan tingkat keaktifan peserta didik rata rata 62%. Sedangkan pada siklus I  rata-rata keaktifan peserta didik dari indikator 1 sampai dengan 12 mencapai 74 % Pada  siklus II keaktifan peserta didik dengan rata-rata 73%.  Dengan demikian disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada materi perumusan dan pengesahan UUD NRI 1945 di MTS Muhammadiyah Trucuk Klaten.


Keywords


keaktifan, pbl, UUD NRI 1945

References


Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: PT Gramedia.

Ahmadi, A., dan Pasetya, J. T. (2005) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Palupi, D., T. (2016). Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena.

Nurdin, S. & Adriantoni. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta didik melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronic, Informatics and Vocational Education (ELINVO), 1 (2), 128-139.

Widyatiningtyas, Reviandari, dkk. ( 2015). The Impact of Problem-Based Learning Approach to Senior High School Students’ Mathematics Critical Thinking Ability. IndoMS-JME, 6(2), 30-38.

Zaeni, H. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id