PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SATAP NEGERI 7 NANGAPANDA

Siti Arafat, Yuliana Yenita Mete

Abstract


Berdasarkan hasil observasi para orang tua di SMPN SATAP Negeri 7 Nangapanda diperoleh informasi bahwa hampir sebagian besar orang tua tidak membimbing dan memotivasi anaknya untuk belajar, orang tua yang kurang memperhatikan anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Sering juga orang tua tidak mau tahu tentang kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anaknya dalam masalah yang dihadapinya di sekolah misalnya orang tua tidak memperhatikan kebutuhan belajar anak seperti kurangnya buku atau alat tulis lainya yang menjadi sarana penunjang dalam kegiatan belajarnya di sekolah sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN SATAP NEGERI 7 ENDE. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIIA dan B yang diambil secara acak di SMPN SATAP Negeri 7 yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua terhadap minat belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung (2.160) > ttabel 1.68830 dengan nilai signifikansi 0.039< 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti Ada pengaruh yang signifikan variabel motivasi orang tua terhadap variabel minat belajar siswa. Dan besarnya nilai pengaruh sebesar 0.133 atau 13.6%. Jadi dapat dikatakan bahwa 13.7% minat belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi orang tua.


Keywords


motivasi orang tua, minat belajar siswa

References


Amirin, T. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Darmawan, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prabowo, R. S. (2015).Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Se -Gugus 1 Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi Universitas Negri Yogyakarta.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Santoso, B. (2010). Kolerasi Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN Gembongan Sentolo Kulon Progo Tahun 2010. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY.

Silvi. J., Alfi. R., & Haida F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian OrangtuaTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(1), 40-65.

Silfitrah., & Wahyuni. H. M. (2021). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 4 Sigi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 50-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id