PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD
Abstract
Artikel ini menjelaskan pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian dalam artikel ini menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi penelitian melibatkan 31 siswa kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi. Pengambilan sampel dengan mengunakan purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefesien korelasi sebesar 0,991 artinya (0,991) > (0,355) maka diterima. Maka terdapat pengaruh yang sangat kuat antara lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung 40,768 ≥ ttabel 2,045sehingga menyatakan bahwa diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan dari lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa pada kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi tahun pembelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085
Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude Dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–7. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1519
Annajah, U., & Falah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 102–115. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (1st ed.). Alfabeta.
Darmadi, H. (2018). MEetode Penelitian Pendidikan dan Sosial (14th ed.). PT Rineka Cipta.
Dinni juni priansa, S.PD.,s.e.,m.m., qwp. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran (1st ed.). PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. (2018). psikologi belajar (3rd ed.). PT Rineka Cipta.
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.
Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Imajinasi Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/ re.v7i2.1215
Handayani, I. R. (2018). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Dan Kedisiplinan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Geografi, 15. http://eprints.ums. ac.id/64140/11/NASKAH PUBLIKASI-ragil.pdf
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2545
Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, I(September), 29–38.
Nur, F. I. (2019). Hubungan lingkungan sosial sekolah dengan minat belajar IPS di MTS AL-MIZAN kecamatan sekayam. 126(1), 1–7.
Prayitno, H., Hardiman, G., & Taruna, T. (2014). Perilaku Warga Masyarakat Dan Persepsi Masyarakat. Ilmu Lingkungan, 12(1), 12–20.
Purwanto. (2010). Analisis faktor lingkungan sosial penyebab anak tidak melanjutkan pendidikan ke SMP di Desa Setalik Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Untan, Pontianak. 1–12.
Rachman, F., & Hijran, M. (2017). Kajian Keteladanan dalam Memperkuat Pendidikan Indonesia. The 5th University Research Colloquium: Cinta Negeriku, February, 998–1003.
Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. 06(01), 2338–2163. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi (6th ed.). PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (10th ed.). Alfabeta.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467
نورخلص
. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah Stain Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id