PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Koko Josianna Br. Sembiring, Antonius Remigius Abi, Reflina Sinaga, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh implementasi pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 030398 Lae Rambong kecamatan Silima Pungga-Pungga kabupaten Dairi tahun pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif jenis survei. Populasi dalam penelitian melibatkan seluruh siswa Sd Negeri 030398 Lae Rambong. Teknik sampel penelitian yang digunakan peneliti ini adalah simple random sampling dengan jumlah 30 siswa dari kelas III SD. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket kemandirian belajar yang dibagikan kepada 30 siswa. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari nilai siswa. Untuk menguji hipotesis, digunakan hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar (X) memiliki nilai rata-rata 78.87 dan hasil belajar (Y) memiliki nilai rata-rata 70. Hasil koefisien korelasi penelitian adalah rxy= 0.738 dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil thitung 5,782 > ttabel 2,048 dengan taraf signifikan α = 0,05. H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III Sd Negeri 030398 Lae Rambong.


Keywords


kemandirian belajar, hasil belajar siswa, siswa sekolah dasar

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jppk

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, D. A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa The Influence Of Independence Learning To NaturalSciencesLearningOutcomes.Http://Ojs.Unida.Ac.Id/Index.Php/Jsh/Article/View/886

Amalia, A., Futri Syafitri, L., Triyana Andika Sari, V., Eti Rohaeti, H., Siliwangi, I., Terusan Jendral Sudirman Cimahi, J., & Barat, J. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5).

Anzelina, D. (2018). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731 Kampung Lalang Tahun Pembelajaran 2017/2018 Dewi. Respon Molting, Pertumbuhan, Dan Mortalitas Kepiting Bakau (Scylla Olivacea) Yang Disuplementasi Vitomolt Melalui Injeksi Dan Pakan Buatan, 16(4), 1–13.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian (Alfabeta).

Aziz, A., & Basry. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa Smp N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1). Http://E-Journal.Sari-Mutiara.Ac.Id/Index.Php/Psikologi/Article/View/130

Bramantha, H. (2019). Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Situbondo 2 (1). Http://Jurnal.Iailm.Ac.Id/Index.Php/Madrosatuna

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Pt. Remaja Rosdakarya.

Dewi, A.(2017).Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Diklat Dengan Menggunakan Lembar Kerja (Lk) Terstruktur. Andragogi Jurnal Diklat Teknis , 5(2), 129–148. Https://Pusdiklattekniskemenag.E-Journal.Id/Andragogi/Article/View/24

Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar (3rd Ed.). Pt. Rineka Cipta.

Handayani, N., Hidayat, F., & Barat, B. Hubungan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X Smk Kota Cimahi. Jourrnal On Education , 1(2), 1–8. Https://Www.Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/16

Hartoyo, S., & Tamansiswa, S. (2020). Pendekatan Saintifik Pengajaran Bahasa Inggris Dan Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara. Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7374

Istirani, & Pulungan, I. (2018). Ensiklopoedi Pendidikan (A. Sembiring & M. Ridwan (Eds.); 1st Ed.). Cv. Iscom Medan.

Joni, & Uliyanti, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Media Realita.

Khotimah, K., & Darwati, S. (2012). Aspek-Aspek Dalam Evaluasi Pembelajaran.

Kurnia Bungsu, T., Vilardi, M., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389. Https://Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/78

Mawati Zai, E., Anzelina, D., Sinaga, R., & Janson Silaban, P. (2020). Fkip Unma Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas Iv. 6(2), 344–349. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V6i2.497

Muhammad, N. (2020). Teach Like Fun Teacher Metode Pembelajaran Menyenangkan Ala Finlandia (Ilalang (Ed.)). Araska.

Noor, J. (2019). Metodologi Penelitian (Suwito (Ed.); 5th Ed.). Prenamedia Group.

Parker, D. (2006). Menumbuhkan Kemandirian Anak (M. Sunarni (Ed.); 1st Ed.). Prestasi Pustakaraya.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sma Negeri “X.” In Jurnal Psikologi Teori &Terapan (Vol. 7, Issue 1). Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jptt/Article/View/1769

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran (T. D. P. Setia (Ed.); 1st Ed.). Cv. Pustaka Setia.

Rusman. (2019). Model- Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (K. P. Utama (Ed.); 5th Ed.). Pt. Raja Grafindo Persada.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.528

Situmorang, A. G., Sipayung, R., Simarmata, E. J., & Silaban, P. J. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1358–1362. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.547

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (5th Ed.). Pt. Rineka Cipta.

Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial , 1(1), 43–56. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Hsjpi/Article/View/2427

Suardi Wekke, I., Sorong Al Makin, S., Sunan Kalijaga Yogyakarta Ibnu Hadjar, U., Walisongo, U., Akif Khilmiyah, S., Muhammadiyah Yogyakarta Aisiah, U., Negeri Padang Muhammad Munadi, U., Surakarta Imam Makruf, I., Surakarta Saerozi, I., Salatiga Editor Fajar Shodiq Ari Wibowo Managing Editor Fatchan Latif Rozikin Secretary Fauziyah Dlimasari Siti Umroh, I., Pandawa Pucangan Kartasura Sukoharjo, J., & Al Fatihah Kb-Tkit Ahmad Maryam Surakarta, M. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi SSBelajar Pai Siswa Kelas Iii Sdn Panularan Surakarta. 1(2), 197–208. Http://Ejournal.Iainsurakarta.Ac.Id/Index.Php/At-Tarbawi/Article/View/200

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitati Dan Kualitatif R&D (Sutopo (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta.

Suhendri, H., & Id, H. C. (N.D.). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Formatif 1(1). Retrieved May 21, 2021, From Https://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Formatif/Article/View/61/63

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Sma Melati Perbaungan.2(2),368–388. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Tawassuth/Article/View/1227

Tasaik, H. L., Tuasikal, P., Sekolah, P., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Kunci, K. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. 14(1), 45–55. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Metodikdidaktik/Article/View/11384

Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran (S. Ibad (Ed.); 1st Ed.). Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id