PERBEDAAN ANTARA HASIL BELAJAR DAN MINAT DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD ISLAM KHAIRU UMMAH KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Lirmawati Lirmawati, Idawati Idawati, Sulfasyah Sulfasyah

Abstract


Perbedaan hasil belajar dalam penggunaan media pembelajaran Online pada pelajaran IPS, dibimbing oleh Idawati dan Sulfasyah. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar dalam penggunaan media pembelajaran online pada pelajaran IPS siswa kelas IV SD Islam Khairu Ummah Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian tersebut merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen (eksperimen semu) dan desainnya menggunakan desain kuasi eksperimental, yang mana kelas eksperimen A akan diberikan perlakuan menggunakan Whatssap dan kelas eksperimen B menggunakan google classroom. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah 52 siswa kelas IV SD Islam Khairu Ummah Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa dalam penggunaan media pembelajaran online yang menggunakan google classroom dan whatsapp, hasil belajar dimana untuk kelas eksperimen A diperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 69,6 dan untuk kelas eksperimen B sebesar 75,38. (2) Selama melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa memiliki keterlibatan yang baik. Keterlibatan siswa tersebut dapat dilihat dari ketika siswa memperhatikan, berani menyampaikan pendapat dan bertanya, mengerjakan tugas, serta semangat ketika pembelajaran berlangsung.


Keywords


media pembelajaran online, hasil belajar siswa, mata pelajaran IPS

References


Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning – Ed.1.-Cet.1.-Depok: Rajawali Pers.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Fauziah, dkk. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi. (Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Google_Classroom), Diakses 02 Juli 2019.

Hamdani, dkk, (2019). Minat belajar mahasiswa dengan menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD, Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan, dan Pembelajaran 3.1.

Husamah, (2014), Pembelajaran BAURAN (Blended Learning), Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Husamah., Yuni Pantiwati., dkk, 2018, Belajar dan Pembelajaran, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Larasati, W., dkk. (2013). Efektivitas pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran pada maahsiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Tim Pusdiklat Pegawai. (2016). Pendidikan dan Pelatihan Teknis Kegiatan.

Waskito, H. (2018). Blended Learning: Konsep dan Penerapannya. Lembaga dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunkasi (LPTIK) Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id