PENINGKATAN HASIL BELAJAR AGAMA BUDDHA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE

Sutopo Sutopo

Abstract


Perkembangan teknologi yang berjalan begitu pesat maka segala kebutuhan manusia disegala bidang akan mengalami sebuah perubahan drastis dari keterlambatan menuju percepatan, dari keterbelakangan menuju kemajuan, dari sifat tertutup menjadi sifat terbuka. Media pembelajaran merupakan salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran yang digunakan dalam perkembangan teknologi adalah Youtube. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu  berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bengkalis. Subjek penelitian ini adalah siswa beragama buddha pada kelas X (Sepuluh) IPS SMA Negeri 1 Bengkalis, jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Dua siklus yang memperlihatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang meningkat. Siklus I rata-rata yang diperoleh <75 (75%), sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh >75 (75%). Penerapan media pembelajaran menggunakan youtube dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


teknologi, agama buddha, youtube

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bintoro, I. (2021). Menjadikan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Baru. dalam http://menjadikan-youtube-sebagai-media-pembelajaran-baru/, retrieved. Org 10-10-2021

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Musyadat, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Phenjaya, Erica Winata. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Middle Years Programme Di Medan Independent School. Jurnal Prointegrita. 2 (348/XII/Pasca-UDA). 100-108

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus.

Sardiman. A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: CV Rajawali

Sulistianingsih, E., & Mukminan, M. (2019). The Development Of Web-Based Learning Multimedia For High School Students’ Lithosphere Material. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i1.9882.

Walyono. (2020). Penerapan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Prodi Kependidikan Agama Buddha STABN Raden Wijaya. ABIP Jurnal Agama Buddha dan Ilmu pengetahuan. 6(1). 84-88




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id