PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 033928 SIDUMPE KECAMATAN LAEPARIRA

Santa Geovani, Reflina Sinaga, Rumiris Lumban Gaol, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh belajar dirumah pada masa pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam peneliti adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD (25 siswa) di SD 033928 Sidumpe. Dari hasil nilai siswa tahun pembelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran matematika memiliki rata-rata sebesar 77.72. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika ingin ditingkatkan lagi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar pada pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 4.416 > 1.711. Maka dengan demikian Ha diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan antar bimbingan belajar saat pembelajaran daring dengan hasil belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar pada pembelajaran daring mempengaruhi terhadap hasil belajar matematika siswa.


Keywords


bimbingan belajar, terhadap hasil belajar

References


Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.

Albert, E. P. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah (Janner Simarmata (Ed.)).

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074.

Deliati. (2018). Bidang Praktek Bimbingan Belajar. Jakarta: Alfabeta.

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Girsang, P. D., Tanjung, D. S., & Azelina, D. (2021). The Effect of Group Investigation Type Cooperative Learning Model on Students’ Learning Outcomes on The Themes of Daerah Tempat Tinggalku at Grade IV SDN 094117 Bangun Saribu. 5(20), 252–261.

Indah, I. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Behavior Chart Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021.

Istirani & Pulungan. (2018). Eniklopedia Pendidikan. Bandung: PT Gramedia.

Juliansyah, N. (2019). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia.

Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2108–2117.

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (B. Susanto (Ed.)).

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di Smk Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 2(1), 1–14.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Perdana Media.

Sutopo. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif . Jakarta: Alfabeta.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Juliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4075–4082.

shoimin. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.)). Ar.Ruzz.Media.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suwarto, S., & Fajri, H. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padang Sidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 68–79.

Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sq3r Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas Iv Sdn 040549 Pebulan. Jurnal Handayani, 11(2), 1–10.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294–2304.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id