PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 227 INPRES TAKALAR II KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

Rahmawati Rahmawati, Abdul Aziz Muslimin, Idawati Idawati

Abstract


Pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dibimbing oleh Muslimin dan Idawati. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk 1) mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran online pada mata pelajaran IPS, 2) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran online pada mata pelajaran IPS, dan 3) mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Jenis desain penelitian tersebut adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya melibatkan 110 peserta didik di SD Negeri 227 Inpres Takalar II, sedangkan sampelnya melibatkan kelas tinggi yang berjumlah 51 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi jalur dengan bantuan SPSS Versi 24 for windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) motivasi belajar peserta didik dalam Pembelajaran online pada mata pelajaran IPS sudah sangat baik, 2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran online pada mata pelajaran IPS masih tergolong dalam kategori cukup baik, 3) berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan nilai R Square variabel motivasi belajar menunjukkan nilai sebesar 0,079 atau 7,9%, artinya bahwa motivasi belajar dipengaruhi sebesar 7,9% oleh pembelajaran online. Dan nilai R Square variabel hasil belajar menunjukkan nilai sebesar 0,001 atau 0,1%, artinya bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh pembelajaran online.


Keywords


pembelajaran online, motivasi belajar, hasil belajar

References


Abdullah, S., & Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alqur’an dan Terjemahannya. (2014). Jakarta: Departemen Agama RI.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.

Djamarah, S. B. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSSUpdate PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro

Kompri. (2019). Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Marleni, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 1-20.

Narimawati, U. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020,516, HK.03.01/MENKES/363/2020, 440-882 Tahun (2020) Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahmawati, R. (2016). Skripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Kimia ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa (Studieksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri). Artikel Publikasi Ilmiah UNS.

Sardiman A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sholikin, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sambit PonorogoTahun Pelajaran 2020/2021. Artikel Publikasi Ilmiah Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sulisworo, D. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 20-40.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rsodakarya.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id