MENINGKATKAN TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Sri Dadi, Panut Setiono

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh sebuah penelitian yang bertujuan untuk (1) meningkatkan perilaku tolerasi dan (2) hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada perkuliahan Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada perkuliahan Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah dapat meningkatkan (1) perilaku toleransi dan (2) hasil belajar mahasiswa di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Saran yang disampaikan yakni bagi dosen yang mengampu mata kuliah selain Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah hendaknya menerapkan model pembelajaran discovery learning karena akan memberikan pengalaman yang langsung kepada mahasiswa.


Keywords


discovery learning, toleransi mahasiswa, hasil belajar mahasiswa

References


Anitah, S. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta ; Rineka Cipta.

Dayanti, A. (2015). Pengembangan Sikap Toleransi Terhadap Perbedaan Pendapat Siswa Melalui Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Universitas Indonesia.

Djamarah, S. B., dkk. (2010). Strategi Belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gultom. S. (2014). Materi Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Kemendikbud.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hopkins. (1993). Teacher Quida To Clasroom Research. Philadelphia. Open University Press.

Iin, P. R., & Agustina, T. A. H. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 2549-3272.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidik.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Anak di Zaman Global. Jakarta : Grasindo.

Kuontjaraningrat. (2010). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Kurniasih, L. dkk. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kota Pena.

Kurniawan. S. (2013). Pendidikan Karakter ( Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Nurlaela., dan Ismayati. (2015). Strategi Belajar Berfikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Seli, M., dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(2), 2477-5673.

Sudjanna, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wahab, A. A. (2010). Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka.

Winataputra, U. (2012). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Windi, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Gambar Visual Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Gugus XIII Kota Bengkulu: PGSD FKIP UNIB.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8602

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id