PENGARUH PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ROKAN HILIR

Supriadi Supriadi, Isjoni Isjoni, Sri Kartikowati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengawasan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar di  Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 115 guru. Pengolahan data menggunakan perangkat lumunak SPSS versi 20. Teknik statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variable-variabel tersebut adalah teknik statistik korelasi product moment. Tehnik pengumpulan data untuk variabel kinerja guru  dilakukan dengan dokumentasi, sedangkan untuk variabel pengawasan dan kompensasi melalui kuisioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil dari Fhitung =19,091 > Ftabel = 3,08, dengan taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan kepala sekolah (X1) dan kompetensi (X2) secara bersamaan mempengaruhi kinerja guru (Y).Dengan demikian bahwa secara parsial pengawasan kepala sekolah kompensasi  berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja guru dan secara simultan pengawasan kepala sekolah , kompensasi  berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.


Keywords


Pengawasan kepala sekolah, Kompensasi, Kinerja guru

References


Akhmad Fauji, Rusdi Hidayat Nugroho A. 2020. Manajemen Kinerja. Airlangga University Press, Surabaya.

Besse Marhawati, 2018. Pengantar Pengawasan Pendidikan. Deepublish Yogjakarta .

Carona Elianur, 2017. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Agama di Sekolah Dasar Kabupaten Bengkulu Tengah, Jurnal As-Salam Vol.1(1) Tahun 2017, Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam Provinsi Aceh, Takengon

Darussalam, 2020. Urgensi Pengawasan Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN Serbaja di Aceh Timur, Al-qiroah, Volume 14 Nomor 2 Tahun 2020, STAI-PTIQ , ACEH, Indonesia .

Dendik Surya Wardana, 2013. Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.Vol.1 No.1, Januari 2013, UMM, Malang.

Didi Pianda , 2018. Kinerja Guru ,Kompetensi, Motivasi Kinerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, CV Jejak , Sukabumi.

Hary Susanto, 2012. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2 Nomor 2, Juni 2012, Asosiasi Dosen dan guru Vokasi Indonesia ( ADGVI ) UNY, Yogjakarta.

Muhammad Kristiawan dkk, 2019. Supervisi Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung .

N Eli Rosilawati, Frengky Feri Pigai. 2019. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Tata Kelola Pendidikan. Vol.1 No.2 , Oktober 2019, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Onita Sari Sinaga, dkk. 2020. Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Solo : Yayasan Kita Menulis.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditrnya.

Roy Wahyuningsih, Retnaningtyas, 2021. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Professional Guru Terhadap Kinerja Guru di MAN 3 Jombang. Jurnal Cahaya Mandalika, Vol. 2, No. 2, Juli 2021, Institut Penelitian & Pengembangan Mandalika Indonesia, Mataram.

Syafaruddin, Asrul, 2014. Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung :Citapustaka Media.

S Eko Putro Widoyoko dan Anita Rinawat. 2012. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2, LPPMP UNY, Yogjakarta.

Sabirin, Cut Zahri Harun, Sakdiah Ibrahim. 2017. Efektivitas Kepengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Negeri Beureunuen, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Volume 5, No. 4 , Februari 2019 , Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda aceh.

Sandu Siyoto, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogjakarta : Literasi Media Publishing.

Suhandi Astuti, 2017. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, Vol. 7 No 1, Januari 2017, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Sri Hariati Hasibuan , Adi Munasib, 2020, Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, MANEGGGIO, Volume 3, Nomor 2 , September 2020, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UMSU, Medan.

Taufik Ismail, 2017, Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Guru SD Negeri, Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.1 April 2017, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Uray Iskandar, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol 10, No 1, Januari 2021, Departemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id