PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Tari Nefriani Mustika

Abstract


Artikel ini fokus membahas tentang sebuah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online dengan menggunakan video di sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D, define (definisi), design (perencanaan), development (pengembangan), dan diseminasi (dissemination) yang dikemukakan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 SDN 189 Pekanbaru di semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa lembar wawancara, angket validasi dan angket kepraktisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validitas produk, respon guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung rata-rata persentase skor dilihat dari ahli materi, ahli, ahli media, ahli bahasa, dan tanggapan guru dan siswa. Hasil yang diperoleh dari uji validitas media menunjukkan bahwa media pembelajaran online menggunakanvideo pembelajaran mendapatkan kategori “Sangat Valid” dengan persentase skor 92,56% dan pengembangan media pembelajaran online menggunakan video pembelajaran dikatakan sangat valid karena memiliki memenuhi kriteria penilaian dilihat dari aspek materi, media, dan bahasa. Dalam melaksanakan uji coba dapat diketahui bahwa siswa yang terbiasa dengan smartphone sudah mampu mengoperasikan video pembelajaran secara mandiri dengan baik. Setelah dilakukan uji coba kelompok kecil untuk melihat kepraktisan media yang telah dikembangkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran online menggunakan video pembelajaran dengan persentase skor 87,49% diperoleh dari tanggapan guru dan tanggapan siswa dalam pembelajaran online. Dari hasil validitas, respon guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran online (video pembelajaran) valid dan sangat praktis.


Keywords


media pembelajaran daring, video pembelajaran, penelitian dan pengembangan

References


Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47.https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445/pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf.

Kemkes. (2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (n.d.). Retrieved April 28, 2020, from https://www.covid19.go.id

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/2194/2344

Sugiyono. (2015). Metode Peneltian. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id