MANAJEMEN PROMOSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI OLAH RAGA PROVINSI RIAU

Rika Yunandar, Isjoni Isjoni, Daviq Chairilsyah

Abstract


Artikel ini melaporkan sebuah analisis manajemen promosi di SMA Negeri Olahraga provinsi Riau. Penelitian dengan judul “Manajemen Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau” menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara terhadap sumber informasi penelitian dan observasi yang dilakukan dilembaga dan lingkungan sekitar mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, humas, panitia penerimaan peserta didik baru, dan guru. Analisis data menggunakan model Analysis Interactive dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian pada perencanaan kegiatan promosi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau sudah dilaksanakan dengan baik. SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau dalam merencanakan kegiatan promosi telah merencanakan manajemen khusus untuk kegiatan promosi penerimaan peserta didik baru. Pengorganisasian kegiatan promosi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau sudah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan pengorganisasian yang dilakukan merupakan kegiatan pembagian tugas kepada seluruh panitia. Pelaksanaan kegiatan promosi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri Olahraga sudah dilakukan dengan baik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan promosi yang telah dilakukan di seluruh Kabupaten atau Kota yang ada di Provinsi Riau berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan pengorganisasian. Pengawasan promosi penerimaan peserta didik baru SMA Negeri Olahraga sudah dilaksanakan dengan baik. Kepala sekolah bersama-sama dengan kepanitian promosi penerimaan peserta didik baru telah menelaah dan mengklasifikasikan masalah atau kendala-kendala yang dihadapi saat melakukan promosi.


Keywords


manajemen promosi, penerimaan peserta didik baru, sman olahraga

References


Ali, M & Asrori, M. (2012). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dharmmesta, Basu Swastha. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen; edisi ketujuh jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Haryanti. (2016). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Guru dalam Mengajar terhadap Efektifitas Belajar Siswa. Universitas Winaya Mukti, Bandung.

Indartono, Setyabudi. (2012). Pengantar Manajemen: Character Inside. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Muhaimin, dkk (2010). Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah /Madrasah, Jakarta : Kencana Prenada Mulia Group

Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. Deepublish, Jakarta.

Simamora, Bilson. (2013). Pemasaran Strategik. Universitas Terbuka, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id