PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SMP GAJAHMADA 3

Ayu Puspita Indah Sari, Yeni Ernawati, Yeta Yuniarti

Abstract


Artikel ini fokus bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada pandemi Covid-19 di SMP Gajah Mada 3 Palembang. Penelitian ini bersifat kualitatif, sehingga metode yang digunakan dalam memaparkan hasil penelitian bersifat deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu guru dan peserta didik kelas tujuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket yang sudah diunggah ke google form dan kemudian link-nya diteruskan ke peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada peserta didik SMP Gajah Mada 3 Palembang di masa pandemi Covid-19 cukup efektif karena guru memberikan penugasan dan pemberian materi selama proses pembelajaran daring melalui grup Whatsapp. Hal ini terlihat dari hasil angket yang diberikan ke peserta didik bahwa saat pembelajaran daring guru memberikan materi dan jadwal belajar secara daring yaitu sebesar 92.9 %; hasil ketika guru menjelaskan materi dengan video melalui aplikasi di grupWhatsapp adalah sebesar 50%; hasil ketika guru memberikan petunjuk pengerjaan sebelum memberi latihan adalah sebesar 71.4%; hasil ketika waktu yang diberikan oleh guru untuk mengerjakan tugas cukup lama adalah sebesar 64.3%; hasil pada pembelajaran dari guru terkadang menunjukkan atau memberikan hasil penilaian terhadap tugas yang diberikan kepada peserta didik adalah sebanyakl 61.5%; serta hasil pada proses pembelajaran daring peserta didik kadang - kadang mengalami kesulitan adalah sebesar 50%.


Keywords


pembelajaran daring, pandemi covid-19

References


Dewi, A. P., dan Arief, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 4, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1094.

Ernawati, Y. (2020). Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah: Bina Edukasi, Vol. No. 1, https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/1029/573.

Handayani, W. G., Luthfi, H. M., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol.3 No.2, https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas/article/view/649/318.

Imania, K., An Nisa., dan Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Berani. Jurnal PETIK, Vol. 5, No. 1, Maret 2019. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445/pdf.

Indrawan, I Putu Eka, dkk. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Santa Yoseph Denpasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 9, No.2, September 2020, https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/847.

Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27. Diunduh tanggal 12 Desember 2021.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature Vol.3. No.1, Desember 2017, https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820/1450.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal MIMBAR, Vol. 20, No. 4, https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/153.

Rahma, I. F., dan Ma’arif, J. (2012). Peran Pendidik dalam Sistem Pendidikan. SUHUF, Vol. 24 No. 1, Mei 2012, https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2912/5.%20FAHMAWATI.pdf;sequence=1.

Rahma, N. F., Fransisca, W., & Difa, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan: EDUKATIF, Vol. 3 No.5, https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/864.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, A. & Puspita, I. (2020). Variasai Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Bina Darma di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah: Bina Edukasi, Vol. 13 No. 2 Desember, https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/1179/647.

Sari, I. S., Dindi, F. S., & Iis, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, Vol. 10 No. 2, https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/1079/1417.

Shandi, A. A., dkk. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 (Studi Kasus Siswa SMP Kelas 7 di Kecamatan Banjarnegara), https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3304061007_6_Kelurahan%20_20200929_200757.pdf.

Sohrabi, C., dkk. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 2020 Apr;76:71-76. doi: 10.1016/j.ijsu.2020.02.034. Epub 2020 Feb 26, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32112977/.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id