PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH

Wa Ima

Abstract


Artikel ini berfokus pada penelitian yang mendeskripsikan bagaimana penerapan media pembelajaran Film dan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajarIPS Sejarah siswa. Penelitian tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 6 Leihitu Satap Kalauli di kelas VII semester ganjil pada mata pelajaran IPS Sejarah. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas serta instrumen yang digunakan pada penelitian adalah observasi, wawancara, dan tes kemampuan kognitif. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan tes, dapat diketahui siswa mengalami peningkatan pada penguasaan materi Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Berdasarkan hasil analisis pada pembahasan, peneliti mengambil beberapa kesimpulan bahwa hasil belajar IPS Sejarah siswa meningkat sebelum pada tes awal. Maka, siswa mendapat nilai 75 hanya 8 siswa. Namun, setelah diadakan tes tindakan siklus 1 siswa mendapat nilai 75 mencapai 15 orang meskipun terjadi peningkatan namun belum sesuai indikator keberhasilan sehingga tes dilanjutkan pada tindakan siklus II. Setelah diadakan siklus II hasil tesnya menjadi 21 orang dari 25 siswa. Ini artinya sudah mencapai indikator keberhasilan, sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan telah mencapai KKM.


Keywords


media, model, mata pelajaran sejarah

References


Acim & Far-Far, G. (2021). Ternate Sultanate Palace Museum As A Media For History Learning. Journal of Education, Teaching, and Learning., 6(2), 186–189.

Alfian, M. (2007). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan Yang di Hadapi. Universitas Negeri Semarang.

Aulia, N., et. al. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 512–522.

Far-Far, G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 109–117.

Far-Far, G. et al. (2021). Utilizing Maps As a Learning Media For History Subject At SMA PGRI 2 Seram Kairatu. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(5), 1353–1357.

Gede, A. D. A. (2021). Pembelajaran sejarah di era Revolusi industri 4.0: Sebuah alternatif. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(1), 1–8.

Herliani, L., et. al. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Peta Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah., 1(1), 37–45.

Hidayat, A. (2018). Penggunaan Media Peta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada SMA Islam PB. Soedirman Cijantung Jakarta Timur. Jurnal Candrasangkala, 4(1), 14–20.

Prasetya, Y. B. S et, al. (2021). Museum kehutanan Sebagai media pembelajaran sejarah pada materi sumber Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah (Istoria), 17(1), 1–8.

Randa, Z., et. al. (2020). Pemanfaatan Museum Keraton Sambaliung untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 493–497.

Riffriyanti, E. (2019). Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 1–10.

Romadhon, M. I. et. al. (2021). Pengaruh model Problem based learning Dan kemampuan berpikir kreatif Terhadap hasil belajar sejarah di SMA KORPRI Bekasi. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(1), 22–34.

Safi, J., et. al. (2021). Pemanfaatan Museum Rempah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 8(1), 11–18.

Selasari, M., dan Amaluddin, L. O. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 219–232.

Sugandik, A. (2004). Teori Pembelajaran. Unnes Press.

Tukidi. (2011). Membangun Karakter Bangsa di Tengah-Tengah Budaya Global. Jurnal Forum Ilmu Sosial, 1(38), 44–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id