PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN KERJA TIM TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SEKECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR
Abstract
Pentingnya kinerja seorang guru akan memberikan dampak yang signifikan terhadap tujuan pada suatu sekolah dalam meningkatkan output dari pendidikan yang telah diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang diberikan kepada 104 orang guru yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan metode simple random sampling. Penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian pengalaman kerja memberi pengaruh terhadap kinerja guru, artinya semakin baik pengalaman kerja maka akan semakin baik kinerja guru dalam menjalankan tugasnya. Hal ini berarti bahwa pengalaman kerja merupakan variabel penting untuk diperhatikan agar kinerja guru bisa meningkat. Dengan meningkatnya kinerja guru tentu akan berdampak pada pencapaian tujuan yang ditentukan sebelumnya, banyak pekerjaan dan perencanaan sekolah yang tercapai dan yang selesai tepat waktu. Kerja tim sangat erat kaitannya terhadap kinerja guru, artinya semakin tinggi kerja tim akan menunjang kinerja guru yang lebih baik. Oleh karena itu kerja tim merupakan hal penting untuk diperhatikan di dalam meningkatkan kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Amirullah. (2015). Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Adeyemi. (2018). Teachers’ Teaching Experience and Students’ Learning Outcomes in Secondary Schools in Ondo State, Nigeria. Asian Journal of Onformation Teachnology, 7 (5), 201-209.
Basir, M. (2015). Pengaruh Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru SMP. Journal of EST, 1(2), 20-35.
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dharma, S. (2011). Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Djamarah, S. B. (2017). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fahmi, A. (2016). Pengaruh Motivasi, Pengalaman Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan, 2 (2), 121-140.
Fatmawati, E. (2020). Korelasi Budaya Kerja Dan Team Work Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara. Jurnal Manajer Pendidikan, 14 (2), 40-55.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Griffin, R. W. (2014). Manajemen, Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Hadiyanto. (2014). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko, T. H. (2013). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Harahap, R. A. M., dan Silvianita, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Regional V Bandung. e-Proceeding of Management. 3(2), 19-56.
Harlina, Y. (2019). Pengaruh Motivasi, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap. Kinerja Guru SMKN 5 Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 7 (1), 55-70.
Hasibuan, M. S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Kreitner dan Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press
Kusuma. (2018). Peranan Tim Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Guru Zolid Agung Perkasa. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3 (4), 60-75.
Mangkunegara, A.P. (2012). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika ADITAMA.
Mangkuprawira, dan Hubeis. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Manullang. (2014). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pandelaki, M. T. (2018). Pengaruh Teamwork dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Titian Budi Luhur Di Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako Palu, 6(5), 35-46.
Rachmawati, T., dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Ratnasih, P. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 112-125.
Roza, J. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal al fikrah, IV(2), 70-85.
Simatupang, F. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen, 5(1), 25-35.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2011). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Depok: Raja Grafindo Persada
Yunus, dkk. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru (Studi Pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Journal Ad’ministrare, 3(2), 23-45.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id