FAKTOR PENENTU MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI KECAMATAN TAMBANG

Eldi Malistuti, Almasdi Syahza, Suarman Suarman

Abstract


Artikel ini membahas tentang faktor-faktor Penentu yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa SMA Negeri Kecamatan Tambang, yang ditentukan oleh faktor aspirasi, kemampuan siswa, kondisi siswa dan lingkungan belajar. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan menggunakan kuisioner dan dokumen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 289 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 158. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis Hasil penelitian didapatkan bahwa variabel aspirasi terbukti berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase pengaruh 9.9%, kemudian variabel kemampuan siswa juga terbukti berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswadengan persentase pengaruh 4.3%, dan variabel kondisi siswa juga terbukti berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase pengaruh 5.6% serta variabel lingkungan belajar juga terbukti berpengaruh secara parsial terhadap kemampuan siswa dengan persentase pengaruh 9.7%. Secara kesluruhan sumbangan pengaruh variabel aspirasi, kemampuan siswa, kondisi siswa, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 64.1%. Sedangkan sisanya 35.9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.


Keywords


motivasi belajar siswa, aspirasi, kemampuan siswa, kondisi siswa dan lingkungan belajar

References


Abdul, A. H. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 40-65.

Abdul, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Abu, A., dan Widodo. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmad, A. R., dan Sayyidatul, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. At-Taqaddum, 10(1), 69-80.

Aisyah, N. J., Aninda, W., Musawwir, U., dan Jumadi. (2020). Survei Motivasi Belajar Peserta Didik Smp Terhadap Pengadaan Praktikum Pada Mata Pelajaran IPA. Science and Mathematics Education,1, 110-120.

Almasdi, S. (2013). Menuju Manusia Berkualitas Melalui Pendidikan Bermutu Di Perguruan Tinggi. Makalah Pendidikan Bermutu. https://almasdi. staff. unri. ac. id/files/2012/06/Makalah_Pendidikan-bermutu. (27 April 2013).

Aliah, B., & Purwakania, H. (2012). Psikologi Pengembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amna, E. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Annisa, A., Rizqi, Y., & Shinta, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Published: April, 2018

Ari, W., Giyono., dan Rani, R. (2015). Hubungan Aspirasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII. ALIBKIN jurnal Bimbingan Konseling, 4(3), 60-90.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Desy, A. N., Lulup, E. T., & Naswan, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan, 4(1), 70-90

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elmirawati, D., dan Syahniar. (2013). Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 100-120.

Farina, A., I Nyoman, R., dan Singgih, S. (2018). Makna Rendahnya Motivasi Siswa Belajar Geografi Dalam Pendekatan Fenomenologi. Jurnal Pendidikan 3(9), 70-100.

Hamzah, B. U. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukuannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irmalia, S. A. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(02), 80-100.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2012). Implementasi KTSP kemadirian guru dan kepala sekolah,. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Muhammad, C. M., Mumu, K., dan Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 120-130.

Muhammad, Y., Suarman, dan Gusnardi. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) Dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Akuntansi Di SMKLABOR Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 9(2), 700-900.

Muhibin, S. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muliani, S., dan Munir. (2015). Motivasi Komitmen Dan Budaya Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus Toefl Preparation Pada Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Jurnal Analisis, 4(2), 80-100.

Ningsih dan Dukalang. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura, 1(1), 99-130.

Nasution, S. (2012). Didaktis Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur, A. (2019). Pengaruh Kondisi Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar. E Prints Universitas Negeri Makassar. 2019.

Nurmalita, S.,Widha, S., dan Sarwanto. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 80-100.

Octopina, N., dan Jan, P. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Distrik Mamberamo Tengah Kabupaten Mamberamo Raya. Jurnal Mapendik-Magister Manajemen Pendidikan Uncen, 3(1), 130-145.

Oemar, H. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Septiani, R., dan Mardiyah, S. U. K. (2018). Pengaruh Aspirasi Dan Keyakinan Akan Kemampuan Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni dan Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(1), 70-90.

Syaiful, B. D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyaningtyas, A., Sukarmin, dan Radiyono, Y. (2013). Peran Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1-20.

Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Winkel. W.S. (2016). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yustina, S. A., dan Lia, E. (2017). Pengaruh Kondisi Fisik Siswa Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 20-90.

Yuweci, S. M. (2019). Relationship between Education Aspiration and Learning Motivation at Tarbiyah Faculty of IAIN Kerinci. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1-20.

Zafar, S., dan A. Sobandi. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 80-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id