PENGGUNAAN MEDIA E-POSTER DALAM PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK YPWKS CILEGON
Abstract
Artikel ini membahas tentang penggunaan media e-poster dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK YPWKS Cilegon. Penelitian ini menggubakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket tertutup yang disebarkan kepada siswa kelas X Akuntansi dan X Administrasi Perkantoran SMK YPWKS Cilegon melalui google forms. Hasil penelitian ini : (1) pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMK YPWKS Cilegon bervariasi, hal ini tidak lepas dari adanya penggunaan model, metode, serta media pembelajaran sebagai sarana komunikasi penyampaian pesan dari guru kepada siswa. Dalam penelitian ini media pembelajaran sejarah di kelas X SMK YPWKS Cilegon, salah satunya menggunakan media e-poster (2) penggunaan media e-poster yang diterapkan oleh guru sejarah untuk menginformasikan kepada siswa terkait materi pembelajaran yang dikemas dengan efektif, efesien dan menarik, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media e-poster dalam pembelajaran sejarah yaitu : guru menguasai pengetahuan inovasi media pembelajaran berbasis digital, penggunaan media ini dapat dilakukan dengan sederhana, aksesnya kapan dan dimana saja (fleksibel), tidak rusak karena dalam bentuk digital, serta biaya pembuatannya.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aman. (2016). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Creswell, John. (1994). Research Design : Qualitative and Quantitative Approaches. London : SAGE Publications
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gerlach dan Ely. (1971). Teaching and Media : A Systematic Approach. Dalam M. Azhar Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Musfiqon. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Oemar H. (1989). Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Sabri, Ahmad. (2005). Strategi Belajar Mengajar dab Micro Teaching. Jakarta : Quantum Teaching
Sudjana, Nana dan Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011) . Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widja, I, G. (1989) . Dasar-dasar Pengembangan Strategi Sera Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta : Debdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id