PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP KEDISIPLINAN GURU PKN SMK SWASTA KOTA PEKANBARU

Zulfa Adli, Hasnah Faizah AR, Ridwan Manda Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Supervisi kepala sekolah dan motivasi mengajar terhadap kedisiplinan guru PKN SMK Swasta se Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di seluruh SMK Swasta se-Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Subjek penelitian berjumlah 69 guru PKN. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (57,598>3,98) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 46,2%. Terdapat pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (49,185>3,98) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 42,3%. Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (37,46>3,13) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 53,2%


Keywords


Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Mengajar, Kedisiplinan Guru

References


Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto Suharsimi. (2009) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Bacal, Robert,. 2011. Performance Management. Terjemahan Surya Dharma dan Yanuar Irawan, Jakarta : Gramedia Pustaka

Bistak, Sirait. 2008. http://oreniffmilano, wordpress,com/2009/04/03/pengaruhdisip linbelajar-lingkungan-keluarga-sekolahterhadap-prestasi-belajar-siswa.

Hamzah B Uno. ( 2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers

Wahjosumidjo (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id