MELATIH KEMAMPUAN MENCIPTA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK-STEM

Rosa Yoeliana, Yennita Yennita, Mitri Irianti

Abstract


Siswa yang dapat bersaing dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 adalah siswa yang memiliki kemampuan diantaranya berpikir tingkat tinggi dan berpikir kreatif, sehingga siswa dapat melatih kemampuan berpikirnya untuk berpikir dan menalar mencari solusi untuk menjawab permasalahan rumit yang akan datang. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kognitif dalam indikator mencipta. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut perlu diterapakan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi kepada high order thinking skills salah satu pembelajarannya ialah pembelajaran berbasis proyek STEM (Pjbl-STEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada indikator mencipta dengan Pjbl-STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dengan instrumen penelitian berupa soal kemampuan berpikir tingkat tinggi pada indikator mencipta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata kelas dengan menerapkan Pjbl-STEM dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional bernilai positif.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek, STEM, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Mencipta

References


Aldi Yanuari. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung Di SKMN I Seyengan (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia.

Amalia, Titin., & Purwanto, Joko. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi-Interkoneksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4, (2), 73-80.

Ananda, P.N., & Salamah, Ummi. (2021). Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika 7, (1), 54-66.

Anggraini, F.I., & Huzaifah, Siti. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Prosiding seminar nasional pendidikan IPA 2017. Diakses dari http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.

Dewi, Finita. (2015). Proyek buku digital: upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metode Didatik 9, (2), 1-15.

Dewi, Mellya., Kaniawati, Ida., & Suwarna, I.R. (2018). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Prosoding Seminar Nasional Quantum Pendidikan Fisika UAD. Diakses dari http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/287.

Elyana., Nurislami., Yennita., & Fakhruddin. (2018). Analysis of Student Higher Order Thinking Skills in Solving Physics Exemination. Proceeding of the 2nd URICES 2018. Diakses dari https://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/6560.

Fitri, Hikmatul., Dasna, I.W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Konseptual 3, (2), 201-212.

Fitriyati, Ida., Hidayat, Arif., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains 1, (1), 27-34.

Hastharjo, T Dicky. (2019). Rancangan Eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi 27, (2), 187-203.

Isnaini, Prina. (2015). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Filling Word Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Aba Ngabean I Tempel. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 3, (4), 1-10.

Khairani., Mukhni., & Aini, F.Q. (2018). Pembelajaran Berbasis STEM dalam Perkuliahan Kalkulus di Perguruan Tinggi. UJMES 3, (2), 104-111.

Kurniati, Dian., Harimukti, Romi., & Jamil, N.A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20, (2), 142-155.

Marlinda, N.L.P.M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa (Tesis). Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia.

Miyarso, Estu. (2019). Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta.

Roberts, Amanda., & Cantu, Diana. (2012). Appliying STEM Instructional Strategies To Design and Technology Curriculum. Technology Education In The 2012 Century, 111-118.

Saraswati,P.M.S., & Agustika, G.N.S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, (2), 257-269.

Septiani, Anggita. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematik) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7985/96.pdf?sequence.

Septikasari, Resti., & Frasandy, R.N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad 7, (2), 112-122.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary 4, (1), 38-54.

Tamaela., Sarah, Elsina., Kdise, I.I., & Huwae, V.D. (2021). Penerapan Model Asesmen Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM Guna Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik Dan Bisnis 2, (1), 158-170.

Vernando, Reski., Irianti, Mitri., & Azhar. (2020). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas X SMA N Se-Kecematan Tampan Pekanbaru Pada Materi Suhu dan Energi. JOM FKIP-UR 7, (1), 1-9.

Yennita, Y., Afni, Nur., Kazmi, Tengku., Azizahwati., & Fakhruddin. (2019). The Need Analysis Developing STEM Embeded Project. Proceeding of the SS9 & 3rd URICES, 2019. Diakses dari https://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/7942.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id