PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI SISWA KELAS X SMA

Rahmi Yunita, Fakhruddin Z, Muhammad Nasir

Abstract


Pembelajaran fisika dipandang sebagai suatu proses untuk mengembangkan kemampuan konsep, prinsip maupun hukum-hukum fisika untuk mempertimbangkan strategi atau metode pembelajaran yang aktif dan efesien. Ketersediaan media pembelajaran fisika masih sangat minim. Adapun media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah video pembelajaran. Penelitian yang dijelaskan dalam artikel ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan menggunakan Adobe After Effect pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi hanya terdiri dari 3 tahap yaitu tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Data kuantitatif berupa nilai validitas dari video pembelajaran dan data kualitatif didapat dari komentar dan saran para tim validator. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi video pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui validitas dari video pembelajaran dengan menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks validitas Aiken’s V video pertemuan 1 sebesar 0.911, nilai indeks validitas Aiken’s V video pertemuan 2 sebesar 0.909, dan nilai indeks validitas Aiken’s V video pertemuan 3 sebesar 0.914. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran menggunakan Adobe After Effect pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi kelas X SMA dinyatakan valid berdasarkan aspek desain, aspek pedagogi, aspek isi, dan aspek teknikal.


Keywords


video pembelajaran, adobe after effect, hukum newton terhadap gravitasi

References


Alfianti, Z. F., Sutopo, & Sunaryono. (2019). Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa SMA tentang Hukum Gravitasi Newton melalui Modeling Instruction. Jurnal Pendidikan 4, (12), 1631-1634.

Anggraini, E. (2018). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Materi Gravitasi Newton untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X di SMA Angkasa Adisutjipto (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia.

Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and Reliability Contents of Independent Asessment Instruments of Basic Beauty Student for Class X SMK. Journal of Education Research and Evaluation 9, (1), 40-46.

Ardhia, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Adobe After Effect pada Materi Bencana Gempa Bumi di MTs N Tinawas Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Prasadapress.

Nabila, A.F., & Anshor, M.F. (2019). Animasi Komputer Berbasis Adobe After Effect sebagai Media Pembelajaran SKI (Karya Ilmiah). Diakses dari https://www.academia.edu/40530926/ANIMASI_KOMPUTER_BERBASIS_ADOBE_AFTER_EFFECT_SEBAGAI_MEDIA_PEMBELAJARAN_SKI.

Nasir, M. (2014). Pembangunan dan Penilaian Keberkesanan Perisian Pengajaran dan Pembelajaran Fizik Berbantukan Komputer di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru, Riau Indonesia (Disertasi). Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia.

Prabowo, N. (2015). Pengembangan Media Audio Visual dengan Tema Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia (Skripsi). Uibersitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan, Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rohman, A.A., & Admoko, S. (2017). Pengembangan Software Praktikum Fisika Berbasis VPL ALGODOO untuk Membelajarkan Konsep Hukum Newton tentang Gravitasi Melalui Penyelidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 6, (3), 323-328.

Rosdiana, H., Ruhiat, Y., & Septiyanto, R.F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kontekstual pada Konsep Dinamika Gerak. Prosiding SENDIKFI. Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9717.

Samukti, F.R.H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Make a Match terhadap Peningkatan Penguasaan Materi Fisika dan Pencapaian Sikap Kerjasama Peserta Didik MAN 3 Sleman (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Satra, O.A., Ahzan, S., & Fauddurazmi, M. (2016). Development of Learning Media Using Adobe After Effect In Dynamic Electricity Subject Matter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4, (1), 34-37.

Sugianto, F., Mahardika, I.K., & Harijanto, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Fisika SMA Menggunakan LKS Hukum Newton tentang Gravitasi Berbasis Multirepresentasi Terintegrasi PhET Simulation. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7403.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8737

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id