PEMAHAMAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS FLORES TENTANG IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Maria Tensiana Tima, Ernesta Leha, Agustinus J.P. Ana Saga

Abstract


Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) merupakan program yang mendorong mahasiswa menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya sehingga siap bersaing dalam dunia global. Program MBKM bertujuan agar mahasiswa memperoleh hak belajar tiga semester di luar program studi agar dapat meningkatkan kompetensi baik hard skill maupun soft skill nya. Tujuan penelitian yang dipaparkan pada artikel ini adalah mengetahui pemahaman dan kesiapan mahasiswa program studi Agroteknologi dalam implementasi MBKM. Metode penelitian secara deskriptif kualitatif menggunakan kuisioner yang diisi oleh mahasiswa pada Link SPADA Dikti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 46% mahasiswa belum mengetahui sama sekali tentang kebijakan MBKM dan 54% mahasiswa telah mengetahui kebijakan MBKM baik yang mengetahui sedikit, secara garis besar maupun secara keseluruhan isi kebijakan MBKM. Namun, dari 54% mahasiswa yang telah mengetahui kebijakan 80% mahasiswa telah siap untuk mengikuti kegiatan MBKM meskipun masih terdapat 14% yang belum siap dan 6% mahasiswa tidak berminat.. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Agroteknologi siap untuk mejadi bagian dari penerapan MBKM, namun harus dilakukan sosialisasi secara menyeluruh agar semua mahasiswa memahami tentang implementasinya.


Keywords


agroteknologi, kesiapan, pemahaman, MBKM

References


Aswita, D. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Dalam Seminar Nasional Batik (pp. 201-206). Aceh, Indonesia: Universitas Serambi Mekkah

Baharuddin, M.R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1): 195-2015.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Djatnika, T. (2018). Mempertinggi Efektivitas Program Magang Industri Melalui Pendekatan Kemitraan Dalam Rangka Membangun Kepercayaan dan Keyakinan Dunia Usaha dan Industri. Puslitjaknov, 5, 12

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Program Magang sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis, 10(1): 28-41.

Fatah, A. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang

Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dalam Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran (pp.282-290). Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan Tinggi di masa pandemi covid-19. Dalam Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo, Indonesia: Universitas Gorontalo

Nehe, B. M. (2021). Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Masa Pendemik Di Stkip Setia Budhi Rangkasbitung 2021 (pp. 13-19). Dalam Seminar Nasional SETIABUDHI. Semarang, Indonesia: Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang

Rodyah. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional (425-434). Dalam Seminar Nasional SETIABUDHI. Semarang, Indonesia: Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang

Rukajat, Ajat. (2018) Pendekatan Penelitian Kuantitif: Quantitative Research Approach. Cetakan pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Singarimbun, Masri & Effendi, S. 2008. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A.A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1(1): 141-157.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Dalam Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, (pp. 13-28). Bengkulu, Indonesia: Universitas Bengkulu

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3): 203-219.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar—Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Wahyudi, A., Salamun, S., Hamid, A., & Choirudin, C. (2021). Strategi Pengelolaan Vocational Life Skill Pada Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 6(1), 39–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id