MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MAHASISWA PGSD STKIP SYEKH MANSHUR MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Yeni Sulaeman

Abstract


Artikel ini berfokus pada peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Syekh Manshur sebagai seorang calon guru yang mengajar di Sekolah Dasar. Penelitian yang dipaparkan di artikel ini melibatkan mahasiswa semester satu PGSD tahun 2021/ 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Quasi Eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kelas kontrol (X) dan eksperimen (Y). Penelitian tersebut merupakan penelitian ekperimen semu dengan design Randomized Control Group dengan desain pretest-posttest. Uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro Wilk, uji homogenity dengan metode Levene’s, dan uji hipotesis dengan menggunakan N-gain score. Keseluruhan uji memakai Statistical Product and Service (SPSS) versi 22 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode Drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung mahasiswa STKIP Syekh Manshur yang merupakan calon guru Sekolah Dasar. Penerapan metode drill menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran menulis tegak bersambung pada mata kuliah bahasa Indonesia kelas rendah dan metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas rendah Sekolah Dasar.


Keywords


menulis tegak bersambung, metode drill

References


Amend, K. (2014). Dasar-dasar Lengkap Analisis Tulisan Tangan. Pustaka Remaja.

Chandra Chandra, Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasa, 2(1).

Fellasufah, F., & Mustadi, A. (2019). Keterampilan menulis tegak bersambung mahasiswa calon guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 60–65.

Fitri, D. A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis dengan metode drill bagi siswa yang terindikasi berkesulitan belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 60–63.

Hidayah, N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SDN 164 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 40–46.

Juliana, A. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Murid Dalam Menuliskan Huruf Tegak Bersambung Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sntetik (SAS) Di Kelas II SD Negeri 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Lestari, T., Wujoso, H., & Suryani, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompentensi Dasar Efisiensi penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 16–23.

Maria, D. S. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 9–15.

Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(1), 18–25.

Purwati, P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan Terhadap Minat Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 48–53.

Soulisa, I. (2018). Pelatihan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Pada Guru Kelas III SD Yapis Teminabuan Kabupten Sorong Selatan. J-DEPACE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34124/jpkm.v1i1.1

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatifa, kualitatif dan R&D. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wiyanto, A. (2004). Terampil Menulis Paragraf (Rev). Grasindo.

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan menulis akademik mahasiswa s-1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fkip universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id