ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM KAMPUS MENGAJAR PADA PERSEPSI MAHASISWA

vivi suwanti, I Ketut Suastika, Rosita Dwi Ferdiani, Wahyudi Harianto

Abstract


ABSTRAK

Program kampus mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan kurikulum MBKM yang disediakan oleh Kemenristek Dikti dengan mitra sekolah dasar terdampak Covid-19. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi program kurikulum MBKM yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti Kampus Mengajar terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian tersebut menggunakan metode campuran. Data kuantitatif pada penelitian teesebut meliputi angket mitra sekolah kampus mengajar dan mahasiswa peserta kampus mengajar. Data kualitatif pada penelitian tersebut berupa wawancara persepsi dari mahasiswa peserta kampus mengajar dan dosen pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi mahasiswa setelah mengikuti kampus mengajar sangat baik yaitu pada rata-rata 93%. Hal ini sejalan dengan tingginya persepsi mitra pada kualitas dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa yaitu 97%. Berdasarkan persepsi mahasiswa, program kampus mengajar tidak hanya memberikan pengalaman mengajar dalam kelas, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bekerja sama dan soft skill mahasiswa. Saran bagi keberlanjutan penelitian ini adalah mengkaji dampak implementasi program-program MBKM yang lain sehingga dapat diperoleh pemetaan persepsi mahasiswa secara keseluruhan mengenai pelaksanaan kurikulum MBKM.


Keywords


kampus mengajar, persepsi mahasiswa, program MBKM

References


Adellia, R. & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning. 142-150.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional. 3(3). 38-47.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. 9(1). 210-220.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4(1). 195-205.

Benlahcene, A., Lashari, S. A., Lashari, T. A., Shehzad, M. W., & Deli, W. (2020). Exploring the Perception of Students using Student-Centered Learning Approach in a Malaysian Public University. International Journal of Higher Education. 9(1). 204-217.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi. 1(2). 1-8.

Kamalia, P. U., Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 7(4). 857-867.

Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021.

Kemendikbud Ristek Dikti. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., Jamu, M. E. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1). 699-706.

Maison, Kurniawan, D. A., Anggraini, L. (2021). Perception, Attitude, and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). 9(1). 108-118.

Rezania, V. & Rohmah, J. (2021). Student Self-Development Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At Sdit Madani Ekselensia Sidoarjo. JCES (Journal of Character Education Society). 4(4). 1-8.

Rosita, D. A. & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(1). 42-49.

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian: Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. 4(2). 100-105.

Sulaeman, N. F., Putra, P. D. A., Mineta, I., Hakamada, H., Takahashi, M., Ide, Y., & Kumano, Y. (2020). Engaging STEM Education for High School Student in Japan: Exploration of Perception to Engineer Profession. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 6(2). 194-210.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2). 102-107.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id