PERSEPSI MAHASISWA IPB INTERNASIONAL BALI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA DARING BERBASIS LMS SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 (NEW NORMAL)

Utik Kuntariati, Putu Sri Darmayanti, Putu Dian Yuliani Paramita

Abstract


Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai pandemi telah memberikan pengaruh yang sangat besar pada kelangsungan hidup masyarakat di seluruh belahan dunia. Kebijakan-kebijakan diambil oleh pemerintah setiap negara untuk segera mengatasi penyebaran virus corona. Kebijakan tersebut diantaranya adalah selalu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan selalu menjaga jarak atau yang lebih dikenal dengan istilah sosial distancing. Social distancing sebagai dampak covid 19 benar-benar telah merubah sistem pembelajaran yang semula dengan tatap muka menjadi sistem pembelajaran online. Perubahan pola pembelajaran ini juga dilakukan oleh IPB Internasional (IPBI) Bali sebagai pengganti sistem pembelajaran tatap muka (offline) yang biasa dilakukan sebelum adanya pandemi. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Bali terhadap pembelajaran daring selama work from home WFH. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Chi Square dengan SPSS. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu melalui penyebaran kuesioner menggunakan media Google Form. Responden penelitian melibatkan 297 mahasiswa dari jurusan diploma 3 dan 4 IPBI. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LMS memberikan manfaat dalam pembelajaran secara daring di tengah pandemik Covid-19.


Keywords


jaga jarak, pembelajaran daring, LMS, new-normal

References


Acker, F. V., Buuren, H. V., Kreijns, K. & Vermeulen, M. (2011). Why Teachers Use Digital Learning Materials: The role of Self Efficacy, Subjective Norm and Attitude. Education and Information Technologies 495-514. DOI https://doi.org/10.1007/s10639-011-9181-9

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, Cetakan ke 13. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(August), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Fahmi, M.H. 2020. Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-learning pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6 (2), 146-147.

Fauzia, F. R. V. Y. P. S. A. A. J. H. (2020). Bunga Rampai Covid-19 : Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat.

Fitriani, Y. 2020. Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal of Information systems, informatics and computing, 4(2), 2-3.

Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019, December). Learning Management System with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. In Journal of Physics: Conference Series, 1417 (1), 1-7.

Ja'ashan, M.M.N. H. (2020). The Challenges and Prospects of Using E-learning among EFL Students in Bisha University. Arab World English Journal, 11 (1) 124-137. DOI: https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol11no1.11

Januariza, Y., & Hendriani, S. (2016). Student’anxiety In Learning Speaking. Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching, 4(2).

Khan, M. A., Nabi, M. K., Khojah, M., & Tahir, M. (2021). Students ’ Perception towards ELearning during COVID-19 Pandemic in India : An Empirical Study. 1–1

Kintanar, Fitzgerald & Elladora, Suzette & Dayaganon, Crysali & Albarracin, Virginia & Legaspi, Finch Marie. (2021). Preferred Web-Based Teaching-Learning Platforms of University Students in the New Normal. International Journal of Educational Science and Research, 11. 173-188.

Li, L. Y., & Tsai, C. C. (2017). Accessing online learning material: Quantitative behavior patterns and their effects on motivation and learning performance. Computers and Education, 114, 286–297. https://doi.org/10.1016/j.compedu.20 17.07.007

Lin, M., Chen, H. & Liu, K. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education 13 (7) 3553-3564. DOI https://dx.doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Lister, M. (2014). Trends in the Design of E-Learning and Online Learning. Journal of Online Learning & Teaching, 10(4), 671.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Mendikbud. (2020). Permendikbud No 04 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud No 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Obeidat, M. M. (2020). Undergraduate Students’ Perspective About Online Learning: A Case Study Of Hashemite University Students In Jordan. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(8), 4054-4071

Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M.S. 2021. Kepercayaan dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 164-166.

Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29, 153-160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003.

Wicaksono, T. A., & Kusuma, W. A. 2021. Tingkat Keunggulan Beberapa LMS dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Admiration, 2(8), 1379-1380.

Zboun, J.S. & Farrah, M. (2021). Students’ perspectives of online language learning during corona pandemic: Benefits and challenges. Indonesian EFL Journal, 7(1), 13-20. https://doi.org/10.25134/ieflj.v7i1.3986




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id