PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI GURU DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Saniyatul Hidayah, Ruri Nurul Aeni Wulandari

Abstract


Ketertarikan terhadap profesi guru merupakan awal dari sebuah minat menjadi guru. Riset dalam artikel ini bertujuan untuk mengukur dampak persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, dan efikasi diri ke minat menjadi guru, persepsi profesi dan lingkungan keluarga ke efikasi diri serta persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga ke minat menjadi guru melalui efikasi. Riset tersebut dilakukan pada 158 mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan di analisis dengan analisis jalur. Kesimpulan penelitian yakni persepsi profesi guru dengan P-Value sebesar 0.088, lingkungan keluarga dengan P-Value sebesar 0.000, dan efikasi diri ke minat menjadi guru dengan P-Value sebesar 0,000. Persepsi profesi dan lingkungan keluarga ke efikasi diri dengan P-Value sebesar 0,000 dan 0,004. Persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga ke minat menjadi guru melalui efikasi diri dengan P-Value sebesar 0,003 dan 0,011. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan untuk H2, H3, H4, H5, H6, dan H7 diterima dalam riset ini.


Keywords


persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, self efficacy, minat siswa

References


Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94.

Chesnut, S. R., & Cullen, T. A. (2014). Effects of Self-Efficacy, Emotional Intelligence, and Perceptions of Future Work Environment on Preservice Teacher Commitment. Teacher Educator, 49(2), 116–132. https://doi.org/10.1080/08878730.2014.887168

Desti Wahyuni, R. S. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian, (September), 2–3. Retrieved from https://www.academia.edu

Hikmah, R. K. (2017). Peran Persepsi Kesejahteraan Guru Dalam Memoderasi Hubungan Persepsi tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. הארץ, (8.5.2017).

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Jayanti, A. A. (2020). Jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2020. 1–88. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/17468/1/7101409069.pdf

Karyantini, D. A. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 52–61.

Maryanti. (2017). Jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2017.

Nani, E. F. (2019). Pegaruh motivasi, persepsi profesi guru dan gender melalui self efficacy terhadap minat menjadi guru. Skripsi, 83.

Nani, E. F., & Melati, I. S. (2020). Peran Self Efficacy Dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru Dan Gender Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 487–502. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39542

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.

Sallamah, N. (2020). PERAN MOTIVASI MENJADI GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PRAJABATAN (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta An. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf

Sari, R., & Rusdarti. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga Melalui Self Efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135–146.

Septiani, D. H., & Widiyanto. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130–144. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.44663

Setiowati, D., & Mahmud, A. (2019). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 se-Kota Semarang). Economic Education Analysis Journal, 3(2), 1–15.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wentzel, K. R., Miele, D. B., Schunk, D. H., & Dibenedetto, M. K. (2016). Handbook of Motivation at School. Handbook of Motivation at School. https://doi.org/10.4324/9781315773384

Yavuzalp, N., & Bahcivan, E. (2020). The online learning self-efficacy scale: Its adaptation into turkish and interpretation according to various variables. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(1), 31–44. https://doi.org/10.17718/TOJDE.674388




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id