PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 3 BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

Ade Putra

Abstract


Metode diskusi merupakan siasat untuk menyampaikan bahan pelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk membicarakan dan menemukan alternatif pemecahan suatu topik bahasan yang bersifat problematis. Artikel ini membahas peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran yaitu metode diskusi. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tersebut dilaksanakan di SMP N 3 Batang Tuaka. Populasi penelitian tersebut melibatkan 26 siswa kelas VIII (Delapan). Hasil belajar pada prasiklus menunjukkan nilai ketuntasan klasikal 38.46% dengan rata-rata 60.25% Pada pembelajaran pra siklus siswa tidak diberikan metode diskusi dalam proses belajar mengajar. Sedangkan siklus I nilai ketuntasan klasikal 69.23% dengan rata-rata 73.25 dan siklus II nilai ketuntasan klasikal 88.46% dengan rata-rata 85.50. Pada siklus I dan II mengalami peningkatan yang signifikan yang didukung dengan menggunakan metode diskusi. Dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian tindakan kelas menggunakan metode diskusi dalam mata pelajaran IPS pada kategori tinggi.


Keywords


hasil belajar siswa, metode diskusi, IPS

References


Ahwan., Yumandil., & Mohammad, F. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS. 3(1), 1-11

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 201—208

Arifin., & Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Desyandri, D. (2019). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 43–49. https://doi.org/10.31227/osf.io/s7n59.

Harahap, S.S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan1(1). 268-272

Hartanti., & Yuli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Karangploso. Cendikia. 11(1), 65-78

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359.

Hariyanto., Suryono (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolaah Dasar Negeri 1 Sukadana. Journal undiksha. 16(1), 1–11.

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal undiksha. 3(3), 335–347.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Nurdianti, A. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Students Teams-Achievment Divisions, (Online),

(http://repository.unpas.ac.id/4971/), Retrieved. 18-04-2022

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Saroni., & Muhammad. (2006). Manajemen Sekolah Kiat menjadi Pendidik yang Kompeten. Yogjakarta : Ar-Ruzz

Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 4(2), 132–144.https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah. 4(1). 185-193.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Wahyuningsih, S. (2012). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Daun dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Dinamika. 3(2), 285-296.

Wijiasih, A. T. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Gugus Werkudara Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)

Yamin, M. (2013). Profersionalisasi Guru Dan Implementasi KTS. Jakarta: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id