PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SIMPLE PRESENT TENSE MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN LEGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Ni Luh Desy Suari Dewi, Gek Wulan Novi Utami, I Gede Neil Prajamukti Wardhana

Abstract


Pengajar bahasa Inggris mencari berbagai cara agar tenses Bahasa Inggris lebih mudah dipelajari oleh siswa. Metode pengajaran yang baik dengan media yang baik akan memicu motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu metode yang telah diuji dalam penelitian pengajaran bahasa Inggris adalah metode Silent Way. Metode ini biasanya menggunakan Fidel Chart, Word Chart dan Rod. Namun dalam penelitian pada artikel ini media tersebut diganti dengan menggunakan Lego. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi pembelajar bahasa Inggris terhadap penggunaan Lego sebagai media pembelajaran Simple Present Tense. Dalam penelitian tersebut, pembelajar EFL dengan rentang usia 14 tahun sampai 17 tahun yang menjalani kursus Bahasa Inggris semi privat dan kelompok di daerah Kuta Utara mengisi angket untuk memberikan persepsi mereka tentang proses pembelajaran dengan Lego. Persepsi siswa tentang pembelajaran Simple Present Tense menggunakan Lego diperoleh dengan pemberian angket dengan pernyataan tertutup menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 80% siswa merasa sangat setuju dengan penerapan lego dalam proses pembelajaran simple present tense, 20% siswa merasa setuju,  0% ragu-ragu, 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju terhadap penggunaan media lego dalam proses pembelajaran simple present tense. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan persepsi positif terhadap penerapan Lego sebagai media pembelajaran Simple Present Tense.


Keywords


persepsi siswa, metode silent way, lego, simple present tense

References


Abdullah, H., Abdul Rahman, N. S., & Mohd Adnan, A. H. (2016). The Secondary School English Language Reading Curriculum: A Teacher’s Perceptions. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v12i2.3707

Alem, D. D. (2020). Approaches and Methods in Language Teaching: A Short Summary. Noble International Journal of Social Sciences Research ISSN.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language pedagogy.N.Y: Longman.

Budiharto, A. (2018). The Role of Silent Way Method to English Teaching in a Private Islamic Middle School. Jurnal SOLMA, 7(2), 161–167. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1396

Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. (2009). An Assessment of Faculty Usage of YouTube as a Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7 No. 1, available online at http://ijahsp.nova.edu

Coghill, Jeffry. (2003). English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Davidson-Shirens. G. V., & Rasmussen, K. L. 2006. Web Based Learning-Design, Implementation and Evaluation. Upper saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Felix Modritscher. (2006). AdeLE (Adaptive e-learning with Eye-Tracking): Theoretical Background, system Archiotecture and Application Scenarios.

Jannah, R. (2018). the Critical Analysis on Silent Way Method. Thesis.

Junanah. (2014). Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Mendorong Peserta Didik Lebih Kreatif, Mandiri, dan Bertanggung Jawab. Jurnal El-Tarbawi. Vol. 7 No. 1: 41 – 50

Karpatova, E. (2020). Cuisenaire Rods in My Classroom. Education and Technologies Journal. https://doi.org/10.26883/2010.202.2322

Masruddin, M. (2019). Omission: Common Simple Present Tense Errors in Students’ Writing of Descriptive Text. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature. https://doi.org/10.30605/ethicallingua.v6i1.1114

Melti. (2021). Using the Silent Way Method in Improving Learners Speaking Skills at SMA Negeri 2 Palopo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palopo

Nella Rahmadani Hsb, (2021). Efektivitas Penerapan Metode Silent Way untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Mrs Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Nordin, N. I. B. N., Rashid, R. A., & Lin, S. L. S. (2021). Esl Undergraduate Sudents’ Perceptions of Collaborative Writing Project. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.079

Nurnalisa, N. (2020). The Effect Of Using Silent Way Method Toward The Students’ Speaking Performance. ELT-Lectura. https://doi.org/10.31849/elt-lectura.v7i2.4568

Orfan, S. N., Noori, A. Q., Hashemi, A., & Akramy, S. A. (2021). Afghan EFL Instructors’ Use of Teaching Methods. International Journal of English Language Studies. https://doi.org/10.32996/ijels.2021.3.5.5

Prihatini, D. A. (2014). No Penggunaan Silent Way dalam Pengajaran Bahasa Inggris di PIA English Course. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi.

Raman Patil Asst Professor in the, Y. (2014). The Silent Way and Other Two Methods of Language Teaching. Online International Interdisciplinary Research Journal, {Bi-Monthly}.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2010). The Silent Way. In Approaches and Methods in Language Teaching. https://doi.org/10.1017/cbo9780511667305.009

Riski S, H., Rahman, F., & Sadik, A. (2018). Improving The Students’ Speaking Ability Through Silent Way Method at Smu Negeri 12 Makassar. Jurnal Ilmu Budaya. https://doi.org/10.34050/jib.v6i2.4289

Sani, W., Rohmana, R., & Muhsin, M. K. (2020). The Effect of Silent Way Method on the Students’ Speaking Competence at The Tenth Grade of Sman 1 Kontukoowuna. Journal of Teaching English. https://doi.org/10.36709/jte.v5i1.13592

Sanjaya, D., Rahmah, S., Sinulingga, J., Aziz Lubis, A., & Yusuf, M. (2014). Methods of Teaching Reading to EFL Learners: A Case Study. International Journal of Education and Literacy Studies. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.2n.2p.9

Sanjaya, D., Rahmah, S., Sinulingga, J., Aziz Lubis, A., & Yusuf, M. (2014). Methods of Teaching Reading to EFL Learners: A Case Study. International Journal of Education and Literacy Studies. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.2n.2p.9

Sedova, K., & Navratilova, J. (2020). Silent Students and The Patterns of Their Participation In Classroom Talk. Journal of the Learning Sciences. https://doi.org/10.1080/10508406.2020.1794878

Shirban Sasi, A., Haga, T., & Chen, H. Y. (2020). Applying the Silent Way in Teaching Japanese Language to University Students in Taiwan. World Journal of Education. https://doi.org/10.5430/wje.v10n3p160

Siregar, H., & Zuriani, M. (2020). Students’ Error In Using Simple Present Tense. Project (Professional Journal of English Education). https://doi.org/10.22460/project.v3i3.p379-383

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ulya, Dzikra Ihdaiyyatul. 2010. Efektivitas Silent Way dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar di Sekolah Menengah Atas. (Skripsi UPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id